ZONAUTARA.com – Tidak ada kehidupan di dunia ini dapat dijalani dengan mudah atau tanpa sebuah kesusahan serta penderitaan yang mengikutinya. Setiap perjalanan hidup pasti memberikan pelajaran berharga melalui masa-masa sulit baik yang akan datang maupun yang sudah terlewati.

Penderitaan yang dihadapi pun terkadang bisa dikategorikan berdasarkan yang paling ringan maupun yang paling terasa berat. Intinya melihat hal ini, kita dapat mengatakan bahwa memang manusia diciptakan untuk menggunakan seluruh kekuatan dalam dirinya yang telah diberikan khusus untuknya, demi dipersiapkan pada masa-masa seperti ini.

Tapi dari sekian banyak penderitaan hidup yang datang dalam kehidupan, setidaknya kalian perlu tahu bahwa ada tiga kesulitan atau penderitaan yang sampai saat ini secara fakta yang ada mampu memberikanmu pembelajaran berharga.

Percaya atau tidak hal ini pun dapat kamu rasakan dan siapapun itu. Berikut ini tiga penderitaan hidup tersebut.

Saat kamu mengalami patah hati atau putus cinta

Salah satu penderitaan dalam hidup adalah ketika kamu mengalami masa ini, baik itu ditinggal kawin, diselingkuhin, ditikung, ataupun ditinggal mati. Dari hal ini tidak sedikit akhirnya kamu mendapatkan berbagai pelajaran berharga melalui rasa sakit yang tidak mudah.

Jangan anggap ini hal biasa, karena bagi sebagian orang kejadian seperti ini mampu mempengaruhi setiap hal dari kehidupan mereka, baik yang mengalami stres berkepanjangan sampai ingin mengakhiri hidup. Tapi ketika kamu mampu keluar dari kegagalan cinta atau masa penderitaan ini, kamu pun akan melihat cara hidup dan prinsip hidup baru yang akan kamu miliki setelahnya.

Inilah yang disebut pembelajaran berharga yang dapat kamu ambil dari masa sulit ini. Become a better person!

Saat kamu mengalami kondisi habis total dalam keuanganmu

Mari dirincikan mulai dari dompet kosong, uang tambungan di bank habis, dan lain sebagainya. Ketika masa penderitaan ini pernah kamu alami atau saat ini sedang dialami, perlu kamu tahu bahwa inilah waktunya kamu sedang diajarkan tentang pembelajaran berharga dalam hidup.

Kamu akan menjadi pribadi yang semakin tahu menghargai kerja keras, bagaimana mengelola keuangan dan lebih tahu bersyukur. Masa ini mungkin sulit, tapi sebuah pembelajaran berharga yang diberikan pun tak pernah main-main.

Kamu yang mampu bertahan dan bisa melewatinya, seharusnya hal ini mampu menjadikanmu pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Saat kamu mengalami kondisi kelaparan

Perjuangan memang tak mudah, masa penderitaan seperti ini terkadang mampu mengajarimu menjadi pribadi yang lebih banyak bersyukur dan menghargai setiap pemberian dan rasa empati tinggi pada kondisi atau keadaan orang lain.

Perut lapar, mengajarkan siapapun banyak hal. Tidak main-main dampaknya. Namun jika siapapun mampu bertahan dan melewati masa penderitaan ini, sebuah pembelajaran berharga dipastikan menjadi miliknya.

Kualitas dan nilai hidup sudah ia pegang serta tak hanya itu naik kelas dan sukses tentu akan menunggunya di depan sana. Itulah tiga penderitaan hidup yang faktanya bisa memberikan kamu pembelajaran berharga.

Perlu kamu ketahui bahwa setiap tokoh-tokoh sukses yang ada saat ini pun, memiliki cerita yang sama dengan mengalami ke tiga hal ini. Tapi, melihat mereka sukses saat ini, adalah bukti nyata bahwa semua penderitaan yang terjadi akan membawa kamu naik kelas dan sukses dalam hidupmu.

Tetap semangat, yah!




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id