ZONAUTARA.com – Kebanyakan dari kita pasti pernah melihat maneki neko, patung kucing yang melambai-lambai yang dipajang di depan etalase pertokoan. Jimat keberuntungan ini biasanya berwarna emas atau putih.

Ternyata warna, gerakan tangan, bahkan hiasan dari maneki neko punya arti yang berbeda. Tiga warna yang paling populer, yaitu kuning keemasan, putih, dan hitam.

Kuning keemasan merupakan simbol tradisional untuk keberuntungan, rejeki, serta kemakmuran. Sedangkan yang berwarna putih sebagai simbol kemurnian juga kebahagiaan. Maneki neko yang berwarna hitam untuk keselamatan dan menangkal kejahatan.

Selain tiga warna tersebut, ada juga yang berwarna merah dan hijau. Maneki neko warna merah dipercaya bisa membawa perlindungan dari kejahatan dan penyakit, terutama penyakit pada anak-anak. Maneki neko berwarna hijau bisa membawa keberuntungan dalam hal pendidikan.

Tidak hanya warna yang membedakan fungsi. Gerakan tangan juga dipercaya mempuyai arti yang berbeda.

Jika tangan yang terangkat dan bergerak-gerak adalah tangan kanan, biasanya digunakan dalam bisnis karena dipercaya bisa mengundang uang dan keberuntungan. Kalau yang terangkat adalah tangan kiri dipercaya bisa mengundang pelanggan untuk restoran.

Selain itu, jimat meneki neko juga ada yang kedua tangannya terangkat. Untuk yang ini, dianggap dapat menjadi perlindungan bagi rumah atau tempat berbisnis.

Bagikan !