ZONAUTARA.com – Saat melihat hewan yang lucu, jangan langsung menilai itu jika itu hewan yang baik.

Saat berada di alam liar ada hewan yang terlihat menakutkan ternyata tidak berbahaya, contohnya kelelawar dan ular. Begitu pun sebaliknya. Kamu harus berhati-hati.

Seperti dilansir dari Reader’s Digest hewan yang berpenampilan lucu dan menggemaskan ternyata bisa saja berbahaya, bahkan mematikan.

Nah, berikut 15 hewan lucu tapi ternyata berbahaya:

  1. Beruang Panda

Hewan berbulu hitam dan putih ini adalah salah satu mamalia paling menggemaskan. Sebagian besar aktivitasnya cukup santai dan hanya makan bambu hampir sepanjang hari. Namun, jika merasa terancam, mereka bisa sangat berbahaya.

Mereka dapat menggunakan kekuatan fisik, rahang yang kuat, dan gigi untuk melakukan banyak kerusakan.

  1. Landak
Foto: Pexels

Menganggap landak sebagai hewan yang berbahaya, mungkin mengejutkan. Banyak orang mengambilnya untuk dijadikan hewan peliharaan.

Tapi, duri mereka bisa sangat merusak kulit manusia atau apapun yang menjadi predator potensial mereka.

Saat landak merasa aman, duri-duri itu akan mendatar, memungkinkan manusia untuk mengambilnya dan bermain dengannya. Saat mereka merasa terancam, paku mereka memanjang secara vertikal ketika menggulung dirinya menjadi bola untuk perlindungan.

  1. Angsa
Foto: Pexels

Angsa dikenal sebagai burung yang anggun dan lembut. Tapi, jika Anda mencoba mengganggu bayi mereka, mereka akan mendatangi Anda.

Saat merasa terancam, angsa akan mengangkat sayap dan mendesis, mendengus, dan mengepakkan sayap untuk membuat Anda pergi.
Angsa mungkin tidak dapat mengakibatkan luka serius pada manusia, tetapi Anda tidak ingin mencobanya, bukan?

  1. Beruang Kutub
Foto: Pexels

Ya, beruang kutub memang sangat lucu, tetapi ingat bahwa mereka masih beruang. Beruang kutub adalah karnivora terbesar di Amerika Utara. Mereka tidak takut pada manusia sehingga orang cenderung merasa nyaman di sekitar mereka, padahal mereka bisa sangat berbahaya.

  1. Burung hantu
Foto: Pexels

Burung hantu hanya keluar pada malam hari, jadi yang paling mungkin mereka lakukan adalah mengganggu tidur nyenyak Anda dengan beberapa teriakan. Mereka biasanya hanya menyerang mangsa dengan cakar mereka yang besar dan tajam, tetapi jika mereka melindungi sarang atau kelaparan, mereka tidak takut untuk mengejar manusia.

Newsweek melaporkan, cuaca dingin di Atlanta Georgia, membuat burung hantu menyerang manusia dan anjing. Makanan yang biasanya dimakan adalah tikus dan tikus yang sedang sekarat karena suhu, sehingga Burung hantu akan mengejar apa pun yang mereka bisa dapat.

  1. Kukang
Foto: Istimewa

Mata lebar kukang membuatnya terlihat paling lugu dan menggemaskan. Tapi waspadalah, makhluk yang suka dielus ini sebenarnya beracun. Mereka memiliki kelenjar kecil di sisi siku yang akan mengeluarkan racun saat mereka terganggu.

  1. Gajah
Foto: Pexels

Gajah, berbadan raksasa namun terlihat lembut. Tapi jangan salah, saat kalian membuat gajah marah, mereka tidak segan menggunakan tubuh besar dan belalainya yang kuat untuk melawan.

Dengan populasi manusia yang terus bertambah, gajah telah diganggu dan didorong ke tempat-tempat yang lebih kecil yang tidak disukainya. Sekitar 500 orang tewas akibat serangan gajah setiap tahun.

  1. Kangguru
Foto: Pexels

Hewan Australia yang lucu ini biasanya tidak mencari masalah. Tapi jika diprovokasi, akan terjadi kerusakan nyata. Mereka bisa memukul dengan tangan dan kaki mereka dengan kekuatan yang dahsyat untuk menendang predator mereka.

  1. Ikan buntal
Foto: Istimewa

Ikan buntal adalah salah satu vertebrata paling beracun di planet ini. Mereka menggembungkan tubuh mereka untuk melindungi diri mereka sendiri lalu melepaskan tetrodotoxin. Racun ini bisa mematikan bagi ikan lain dan manusia. Racun dalam satu ikan buntal dapat membunuh 30 manusia.

  1. Rusa besar
Foto: Pexels

Tak heran jika makhluk raksasa ini tergolong berbahaya. Saat merasa terancam, mereka menyerang manusia secara agresif hingga menyebabkan cedera serius dan terkadang kematian. Faktanya, rusa besar membunuh lebih banyak manusia setiap tahun di Alaska dibandingkan beruang.

  1. Trenggiling raksasa
Foto: Istimewa

Terlihat polos, tapi trenggiling memiliki cakar yang sangat kuat yang dapat mengeluarkan isi perut manusia.

Meski tak punya gigi, dan punya penglihatan dan pendengaran yang buruk, tetapi mereka bisa mematikan.

  1. Rusa
Foto: Pexels

Rusa telah diketahui sebagai hewan yang suka menyerang manusia, terutama rusa jantan.

  1. Anjing laut macan tutul
Foto: Pexels

Jika Anda pernah menonton film Happy Feet, Anda pasti tahu tentang kebenaran ini. Anda pasti tidak ingin terjebak di air bersama anjing laut macan tutul.

Mereka suka memangsa penguin, dan diketahui suka mengejar manusia.

  1. Platipus
Foto: Istimewa

Platipus memiliki taji panjang dan berongga di kaki belakangnya yang merupakan racun rahasia. Saat mereka siap menyerang, taji berubah dari berbaring datar menjadi berdiri tegak. Taji tidak membunuh, tetapi dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, nyeri, dan peningkatan aliran darah di sekitar luka.

15. Ikan lele

Foto: Istimewa

Jika Anda pernah bertemu ikan lele, Anda pasti ingin menjauh. Kemungkinan ikan lele tidak akan menyengat Anda. Tetapi jika mereka melakukannya, itu dapat menyebabkan mual, bengkak, dan, dalam kasus yang ekstrem, perlu diamputasi.

Bagikan !