ZONAUTARA.com – Bencana hidrometeorologi yang merupakan dampak La Nina kini memerangaruhi Sulawesi Utara (Sulut), terutama Kota Manado.

Berdasarkan sejumlah informasi yang berhasil dirangkum, hujan yang mengguyur Ibukota Provinsi Sulut sejak pukul 18.30 Wita, telah menyebabkan banjir di sejumlah titik.

Di daerah Kelurahan Kombos barat, misalnya, tinggi luapan air di jalan raya telah mencapai setinggi lutut orang dewasa sehingga sulit dilewati kendaraan.

Hal serupa terjadi di Kelurahan Bailang, luapan air mencapai pinggang orang dewasa.

Di Kelurahan Banjer, luapan air setinggi paha orang dewasa mengaliri jalan dan rumah warga dengan arus yang relative kencang.

Hujan lebat yang disertai angin kencang turut mengakibatkan tumbangnya banyak pohon. Satu di antaranya yang menimpa kendaraan yang tengah melintas di Kelurahan Kombos Barat, tepatnya di depan pesantren Pondok Karya Pembangunan.

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah mengeluarkan peringatan cuaca pada Sabtu (17/10/2020), agar mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Manado, Bitung, Tomohon, Kotamobagu, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolmong, Bolmong Timur, Bolmong Utara, Kepuauan Sitaro, Kepulauan Sangihe, dan Kepulauan Talaud.

Bagikan !