Merawat diri dengan 5 panca indra

2 mins read
ilustrasi. (image: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Self care adalah tindakan merawat diri sendiri baik secara fisik ataupun mental. Tubuh kita adalah bagian dari diri kita. Mental dan fisik saling berkaitan.

Saat kita memiliki masalah fisik, pikiran atau mental kita juga ikut memberi respon. Begitupula saat mengalami masalah mental hal yang sama akan ditunjukkan oleh fisik sebagai reaksi. Sesederhana tubuh yang terasa lemah dan tidak berenergi kala kita dilanda stress ataupun galau.

Beberapa bahkan berkata bahwa pikiran yang sehat adalah sumber fisik yang sehat. Tubuh kita memiliki 5 panca indra untuk menerima informasi. Dan kadang-kadang informasi yang kita terima bisa saja mengakibatkan overwhelmed atau overstimulated yang membuat kita kelimpahan perasaan yang meluap-luap.

Tapi, melalui 5 panca indra ini pula tubuh dan pikiran kita bisa ditenangkan. Inilah yang disebut self-care. Langkah menenangkan diri dengan teknik grounding. Memanfaat semua sumber informasi ini sebagai media selfcare yang menenangkan.

Dengan mata, kita lihat hal-hal yang memanjakan mata (foto oppa, pemandangan, video bayi). Dengan hidung, kita hirup aroma-aroma menenangkan dan bisa membuat kita tersenyum (aroma vanilla, lavender, freshly-baked cookies, hujan, kopi).

Dengan lidah, kita nikmati rasa-rasa yang kita sukai (manis, asam, pedas). Menyentuh tekstur-tekstur yang membuat kita nyaman. Mendengarkan musik-musik menenangkan, dan lain sebagainya.

Saat sedang mengalami overthinking pada hal-hal yang membuat stress, teknik grounding adalah cara paling sederhana untuk merawat dan menenagkan diri. Takut mencoba, tidak pede, terlalu mencemaskan masa depan, kerjaan numpuk, masalah dengan orang tua ataupun pasangan, semua ini adalah toxic yang hanya akan memberatkan pikiran dan perasaan kita.

Ibarat baterai habis yang harus di recharge. Saldo minus yang harus dinetralkan atau lebih baik lagi jika bisa plus. Menyeimbangkan diri dan pikiran. Hitung mundur dan mulailah untuk grounding. Sebutkan hal-hal bisa kamu lihat di sekitarmu, sebutkan tekstur yang bisa kamu sentuh, sebutkan suara yang bisa kamu dengar, sebutkan aroma yang bisa kamu cium, sebutkan rasa yang bisa kamu rasakan di mulutmu. 5-4-3-2-1. Nikmati semua indra-indra yang kamu miliki.

Kenali dirimu. Pahami dan ketahui apa yang diinginkan dirimu. Tak kenal maka tak sayang. Makin kenal, makin sayang, sudah sayang, selalu self-care. Kenali dirimu lebih dalam sehingga kita bisa merawat diri.

Bagikan !

Latest from Blog

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com