bar-merah

Terapkan protokol kesehatan, anggota Polri dan PNS di Polresta Manado jalani pemeriksaan kesehatan berkala

rapid test
Kasat Lantas Polresta Manado AKP Anita Sitintjak saat menjalani rapid tes oleh Tim Bid Dokkes Polda Sulut.(Foto: Humas Polresta Manado)

MANADO, ZONAUTARA.com – Ada yang berbeda pada pemeriksaan kesehatan berkala semester 2 tahun 2020 bagi anggota Polri dan PNS di lingkungan Polresta Manado, Selasa, pekan lalu. Mereka mendapat pemeriksaan kesehatan dari Tim Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda Sulut.

Anggota Polri dan PNS di Polresta Manado diperiksa tinggi dan berat badan, mata, gigi, kemudian Telinga, Hidung dan Tenggorokan (atau yang lazim disingkat THT. Juga dilakukan pemeriksaan darah rutin seperti Hb, kadar sel darah merah dan sel darah putih, juga kadar trombosit dan Laju Endap Darah (LED).

Dalam pemeriksaan juga diperiksa kadar gula darah, profil lemak seperti kadar kolesterol total, HDL, LDL, dan Trigliserida, profil ginjal seperti kadar Ureum dan Kreatinin serta Asam Urat dalam darah juga dalam air seni. Selain itu juga dilakukan pemeriksaan rekam jantung dan foto rontgen dada.

“Nantinya dari hasil pemeriksaan terdapat yang sakit bisa langsung diobati. Jika terdapat penyakit serius bisa dirujuk ke Rumah Sakit Bhayangkara,” ujar Kapolresta Manado Kombes Pol Elvianus Laoli melalui Kasubbag Humas Iptu Yusak Parinding saat dikonfirmasi, Minggu (18/10/2020).

Dia mengatakan, pemeriksaan kesehatan berkala dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dikarenakan sedang dalam masa pandemi Covid-19. Anggota dan PNS Polresta Manado harus menggunakan masker di lokasi pemeriksaan.

Sebelum menjalani pemeriksaan, diwajibkan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan menggunakan hand sanitizer. Mereka juga harus menjaga jarak satu sama lainnya.

“Ini diwajibkan sebagai penerapan adaptasi kebiasaan baru di masa new normal,” ujar Yusak.

Tetapi yang terpenting dari pemeriksaan kesehatan berkala kali ini juga disertai dengan rapid tes.

“Kapolresta ingin memastikan tidak ada anggotanya yang terpapar virus corona, sehingga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat juga tidak terganggu,” terang mantan Kapolsek Bunaken ini.

Penulis: Asrar Yusuf



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com