bar-merah

Ini peristiwa penting dalam perjalanan memecahkan teka-teki vaksin Covid-19

Swab Test Covid-19
Petugas sedang menyiapkan swab test di Dinkes Sulut. (Foto: Zonautara.com/Ronny A. Buol)

ZONAUTARA.com – Ada sejumlah peristiwa penting dalam perjalanan memecahkan teka-teki vaksin Covid-19 di seluruh dunia. Sperti yang dirilis euronews, perjalanannya dimulai pada:

31 Desember 2019: Virus korona baru teridentifikasi

China melaporkan sekelompok kasus pneumonia di kota Wuhan, yang mengarah ke identifikasi virus korona baru.

10 Januari: 2020 Para ilmuwan mengungkap genom virus korona baru

Seminggu setengah setelah China melaporkan bentuk baru pneumonia , para ilmuwan memetakan urutan genom dari apa yang kemudian diidentifikasi sebagai COVID-19, langkah pertama yang penting dalam perjalanan untuk menemukan vaksin.

11 Januari 2020: Para ilmuwan menerbitkan cetak biru molekuler dari virus korona baru

The genom sequencing coronavirus diterbitkan, yang menandai awal dari upaya internasional untuk mempelajari vaksin.

16 Maret 2020: Uji coba vaksin dimulai di AS

Institut Kesehatan Nasional AS memulai uji coba vaksin “investigasi” pada 45 orang dewasa sehat, berusia 18 hingga 55 tahun, setelah hasil yang menjanjikan pada model hewan.

Uji coba ini didanai oleh Institut Kesehatan Nasional AS dan perusahaan bioteknologi yang berbasis di Massachusetts, Moderna Inc, dan akan berlangsung selama enam minggu.

2 April 2020: ‘Uji coba untuk menguji vaksin tuberkulosis melawan COVID-19 sedang berlangsung’

Institut Riset Kesehatan dan Medis Nasional Prancis mengatakan “uji klinis untuk menguji kemanjuran vaksin BCG terhadap COVID-19 sedang atau akan dimulai di Belanda, Jerman, Prancis, Spanyol, dan Australia.”

13 April 2020: Uni Eropa menjanjikan € 80 juta untuk penelitian vaksin

Pendanaan Uni Eropa dialokasikan untuk mendukung perusahaan biofarmasi Jerman CureVac dalam mengembangkan vaksin.

14 April 2020: GSK dan Sanofi bekerja sama untuk menemukan vaksin COVID-19

Duo Inggris-Prancis, GlaxoSmithKline dan Sanofi mengumumkan uji klinis untuk paruh kedua tahun 2020 , berharap untuk membuat – jika uji coba ini berhasil – vaksin tersedia secara luas pada paruh kedua tahun 2021.

22 April: 2020 Jerman mengumumkan dimulainya uji klinis untuk vaksin virus corona

BioNTech Jerman dan mitra Amerika Pfizer diberi lampu hijau dari Institut Paul-Ehrlich, otoritas Jerman untuk sertifikasi vaksin, untuk mulai menguji berbagai vaksin eksperimental pada 200 sukarelawan sehat, berusia antara 18 dan 55 tahun.

24 April 2020: Universitas Oxford memulai uji coba pada manusia untuk vaksin virus corona

Tes obat ChAdOx1 nCoV-19 dimulai pada 1.112 orang yang dibagi menjadi dua kelompok (setengah dari mereka menerima vaksin dan setengah lainnya menerima plasebo), dengan tujuan untuk merangsang sistem kekebalan mereka untuk menyerang virus.

Obat itu dibuat dengan menggunakan virus simpanse yang direkayasa secara genetik untuk membawa virus corona. Pemerintah Inggris mendanai uji coba dengan kontribusi € 51 juta.

13 Mei 2020: Perselisihan politik Prancis-AS tentang prioritas vaksin

Raksasa farmasi Prancis, Sanofi menyebabkan badai politik dengan mengatakan akan memberikan akses prioritas kepada Amerika Serikat ke vaksin karena itu adalah negara pertama yang mendanai penelitian tersebut.

Sekretaris Negara Perancis untuk Ekonomi dan Keuangan Agnes Pannier-Runacher mengatakan itu “tidak dapat diterima,” sementara Perdana Menteri Edouard Philippe memanggil CEO Sanofi untuk meyakinkan distribusi vaksin.

22 Mei: Vaksin Universitas Oxford / AstraZeneca memasuki tahap kedua uji coba

Lebih dari 10.000 orang dewasa dan anak-anak mengambil bagian dalam fase dua dari uji klinis mereka, sepuluh kali lebih banyak daripada fase pertama yang dimulai pada bulan April.

13 Juni 2020: Negara-negara Eropa bermitra untuk mencapai kesepakatan vaksin besar-besaran

Raksasa farmasi AstraZeneca mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan Jerman, Italia, Belanda, dan Prancis untuk memasok hingga 400 juta dosis vaksin yang diujicobakan oleh Universitas Oxford.

Jika terbukti berhasil, pengiriman akan dimulai pada akhir tahun 2020.

Perusahaan Inggris-Swedia telah menandatangani perjanjian serupa dengan Inggris, AS, Koalisi untuk Inovasi Kesiapsiagaan Epidemi (CEPI) yang bermarkas di Norwegia, dan aliansi vaksin internasional Gavi.

15 Juni 2020: Imperial College London mengumumkan dimulainya uji coba vaksin pada manusia

Tiga ratus orang sehat berpartisipasi dalam penelitian Imperial College dengan menerima dua dosis vaksin potensial.

Jika tes tersebut menunjukkan respons yang menjanjikan, uji coba yang lebih besar akan dilakukan di akhir tahun dengan sekitar 6.000 sukarelawan yang sehat.

Studi ini dibiayai dengan dana sekitar € 46 juta dari pemerintah Inggris ditambah € 5,5 juta lainnya yang berasal dari donasi filantropi.

27 Juni 2020: Brasil mengamankan hingga 100 juta dosis vaksin yang diharapkan diuji di Universitas Oxford

Brasil menandatangani perjanjian € 113 juta dengan AstraZeneca untuk akses ke vaksin yang diharapkan sedang diuji di Universitas Oxford. Kesepakatan itu memberikan hak untuk memproduksi jumlah awal 30 juta dosis pada Desember dan Januari saat vaksin masih dalam tahap uji coba.

Jika vaksin tersebut lolos uji klinis, Brasil kemudian akan dapat menghasilkan tambahan 70 juta dosis dengan perkiraan biaya masing-masing € 2,05.

1 Juli 2020: ‘Hasil positif’ dari tes vaksin BioNTech-Pfizer

Pfizer dan BioNTech melaporkan vaksin eksperimental BNT162b1 mereka “mampu menghasilkan respons antibodi penawar pada manusia pada atau di atas tingkat yang diamati dalam serum penyembuhan – dan itu melakukannya pada tingkat dosis yang relatif rendah.”.

Vaksin ini diuji coba pada 45 peserta berusia 18 hingga 55 tahun di AS.

Pada tahap ini, pengujian ditujukan untuk memverifikasi bahwa vaksin tersebut tidak beracun dan memicu respons sistem kekebalan terhadap virus. Ada tiga kandidat vaksin lain yang sedang diuji sebagai bagian dari program BNT162.

7 Juli 2020: Novavax menerima $ 1,6 miliar dari pemerintah AS untuk 100 juta vaksin

Novavax menerima $ 1,6 miliar (€ 1,4 miliar) dari pemerintah AS untuk mengembangkan vaksin termasuk uji coba, pembuatan dan 100 juta dosis kandidat vaksinnya.

Regeneron Pharmaceuticals telah menerima $ 450 juta (€ 397 juta) untuk membuat dan memasok kandidat vaksin COVID-19 miliknya sendiri.

10 Juli 2020: Inggris menolak kesempatan untuk bergabung dengan skema vaksin COVID-19 UE

Inggris secara resmi menolak kesempatan untuk bergabung dengan skema vaksin virus korona Uni Eropa.

Diskusi “sedang berlangsung” antara London dan Brussel setelah blok tersebut menghubungi Inggris awal bulan ini untuk menentukan apakah mereka ingin bekerja sama dalam pendekatannya untuk memproduksi dan mendistribusikan vaksin COVID-19 yang efektif.

Tetapi pemerintah Inggris mengkonfirmasi pada 10 Juli bahwa mereka telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam skema tersebut.

15 Juli 2020: ‘Kabar baik’: AS memuji hasil uji coba

“Tidak peduli bagaimana Anda mengirisnya, ini adalah kabar baik,” kata ahli penyakit menular pemerintah AS, Dr Anthony Fauci, saat hasil positif dari uji coba vaksinasi dirilis .

Uji coba tersebut, yang didanai oleh Moderna Inc, Institut Kesehatan Nasional AS dan perusahaan bioteknologi yang berbasis di Massachusetts, menemukan bahwa 45 sukarelawan pertama yang menjalani pengujian telah mengembangkan antibodi penawar dalam aliran darah mereka, pada tingkat yang sebanding dengan mereka yang selamat dari COVID-19.

Uji coba tersebut akan memasuki tahap akhir sekitar 27 Juli, dalam studi yang melibatkan 30.000 orang, untuk mengetahui apakah suntikan itu cukup kuat untuk melindungi dari virus corona.

16 Juli 2020: Inggris mengatakan Rusia berada di belakang serangan dunia maya yang bertujuan mencuri data penelitian vaksin

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab menuduh badan – badan Rusia berusaha mencuri informasi terkait penelitian vaksin virus corona. Pada 19 Juli, Duta Besar Rusia untuk Inggris Andrei Kelin menolak tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa tuduhan itu “tidak masuk akal”.

20 Juli 2020: Inggris mengamankan 90 juta dosis vaksin kandidat virus corona

Pemerintah Inggris menandatangani kesepakatan untuk membeli 90 juta dosis “kandidat vaksin virus korona yang menjanjikan” saat perburuan vaksin COVID-19 terus berlanjut.

Ini merupakan tambahan dari perjanjian yang sudah ada dengan AstraZeneca dan Universitas Oxford untuk meneliti, mengembangkan dan membuat vaksin COVID-19 untuk publik Inggris.

20 Juli 2020: Vaksin Universitas Oxford ditemukan menghasilkan antibodi COVID-19

Para ilmuwan di Universitas Oxford mengatakan vaksin virus korona eksperimental mereka telah ditunjukkan dalam uji coba awal untuk mendorong respons kekebalan pelindung pada ratusan orang yang mendapat suntikan.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka menemukan vaksin COVID-19 eksperimental mereka menghasilkan respons imun ganda pada orang berusia 18 hingga 55 tahun.

27 Juli 2020: Tes terbesar dari vaksin COVID-19 eksperimental dimulai di AS

Tiga puluh ribu sukarelawan mengambil bagian dalam tahap pengujian akhir dari vaksin potensial yang dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi AS Moderna Inc dan National Institutes of Health (NIH).

Hasilnya tidak diharapkan sebelum November, kata kepala penyakit menular NIH.

29 Juli 2020: Inggris mengamankan akses ke 60 juta dosis kandidat vaksin COVID-19

Inggris mengumumkan telah mendapatkan akses ke 60 juta dosis kandidat vaksin COVID-19 dari GlaxoSmithKline dan Sanofi Pasteur. Ini didasarkan pada teknologi yang sama yang digunakan untuk memproduksi vaksin flu Sanofi, kata pemerintah Inggris.

Inggris telah mengamankan jutaan dosis dari tiga kandidat vaksin lainnya.

11 Agustus 2020: Rusia menjadi negara pertama yang mendaftarkan vaksin virus corona

Rusia adalah negara pertama di dunia yang mendaftarkan vaksin virus corona untuk digunakan.

Tetapi banyak ilmuwan di Rusia dan luar negeri mempertanyakan keputusan untuk membuat vaksin tersedia untuk digunakan sebelum uji coba Tahap 3, yang biasanya berlangsung selama berbulan-bulan dan melibatkan ribuan orang.

14 Agustus 2020: UE mengamankan 300 juta dosis vaksin AstraZeneca

Komisi Eropa menandatangani kontrak dengan grup farmasi Swedia-Inggris AstraZeneca untuk 300 juta dosis vaksin potensial, dengan opsi untuk 100 juta dosis tambahan lagi.

Brussels telah memperoleh 300 juta dosis vaksin potensial oleh perusahaan farmasi Prancis Sanofi, serta 400 juta lainnya yang dipelajari oleh Johnson & Johnson, di AS.

28 Agustus 2020: Inggris Raya mengizinkan penggunaan darurat vaksin COVID-19 yang efektif

Pemerintah Inggris mengatakan mereka mengadopsi “pengamanan yang diperkuat” untuk memungkinkan badan pengawas obat-obatan negara tersebut memberikan otorisasi sementara vaksin COVID-19, asalkan memenuhi standar keamanan dan kualitas.

Perubahan tersebut berarti bahwa orang dapat divaksinasi sebelum vaksin dilisensikan sepenuhnya tetapi hanya setelah terbukti aman dan efektif.

3 September 2020: Sanofi dan GlaxoSmithKline mengatakan mereka akan memulai uji coba vaksin pada manusia

Sanofi dan GlaxoSmithKline akan memulai uji coba vaksin COVID-19 pada manusia, menguji vaksin tersebut pada 440 orang dewasa di Amerika Serikat dan mengharapkan hasil pertama pada bulan Desember.

4 September 2020: Uji coba vaksin COVID-19 Rusia ‘menggembirakan tetapi kecil’

Sebuah laporan oleh jurnal medis The Lancet tentang vaksin COVID-19 yang dikembangkan dan diuji di Rusia mengatakan telah menunjukkan hasil yang menjanjikan tetapi menambahkan bahwa diperlukan lebih banyak pekerjaan.

Dalam uji coba sejauh ini, vaksin Sputnik V eksperimental menimbulkan respons kekebalan dan tidak membawa efek samping yang merugikan, menurut para peneliti Rusia. Para dokter mempelajari 76 sukarelawan sehat berusia antara 18 dan 60, selama enam minggu.

8 September 2020: Perusahaan farmasi menandatangani janji untuk menegakkan ‘proses ilmiah’

Sembilan perusahaan farmasi besar menandatangani janji untuk menegakkan “integritas proses ilmiah saat kami berupaya menuju potensi pengajuan peraturan global dan persetujuan vaksin pertama untuk COVID-19.”

Itu terjadi di tengah kekhawatiran bahwa vaksin COVID-19 akan disetujui terlalu cepat karena alasan politik.

9 September 2020: Uji coba Universitas Oxford dihentikan setelah peserta jatuh sakit

Uji coba vaksin kandidat COVID-19 tahap akhir yang dijalankan oleh AstraZeneca dihentikan sementara setelah seorang peserta jatuh sakit.

Uji coba kemudian dilanjutkan sekali lagi setelah insiden tersebut, dengan mengatakan bahwa beberapa peserta diperkirakan menjadi tidak sehat di tengah uji coba skala besar.

25 September 2020: Eksekutif China mengatakan vaksin siap pada awal 2021

Sebuah perusahaan farmasi China mengatakan vaksin virus corona yang dikembangkannya harus siap pada awal 2021 untuk didistribusikan ke seluruh dunia.

1 Oktober 2020: Laporan ahli mengatakan vaksin tidak akan segera mengakhiri pandemi

Menemukan vaksin untuk COVID-19 tidak berarti otomatis kembali ke keadaan normal, kata para ahli , memperingatkan orang untuk bersikap “realistis” tentang tantangan yang masih ada.

“Vaksin ditahan sebagai kesempatan terbaik kita untuk mengembalikan hidup kita ke rasa normal, tetapi kita harus realistis,” kata Dr Fiona Culley dari Institut Jantung dan Paru Nasional di Imperial College London.

Coronavirus: Hanya sekitar 1/3 responden Prancis yang akan menggunakan vaksin COVID-19, jajak pendapat Euronews menunjukkan

13 Oktober 2020: Johnson & Johnson menghentikan uji coba vaksin karena penyakit peserta

Raksasa farmasi Johnson & Johnson mengumumkan penangguhan uji klinis vaksin terhadap COVID-19 setelah salah satu peserta jatuh sakit.

“Kami telah menghentikan sementara pemberian dosis lebih lanjut di semua uji klinis kandidat vaksin COVID-19 kami, termasuk seluruh uji coba Tahap 3, karena penyakit yang tidak dapat dijelaskan pada satu peserta,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan.

15 Oktober 2020: Brussel meluncurkan strategi vaksinasi COVID-19

Brussels meluncurkan strateginya untuk memastikan setiap vaksin disebarkan secepat mungkin di seluruh blok.

Komisi Eropa mendesak negara-negara anggota untuk mulai bekerja guna memastikan bahwa ketika vaksin telah disetujui oleh European Medicines Agency, mereka dapat menyimpan dan mengangkutnya dengan tepat dan memiliki tenaga kerja terampil dan peralatan medis yang diperlukan untuk melaksanakan prosedur tersebut.

20 Oktober 2020: Inggris akan menginfeksi sukarelawan sehat dengan virus untuk menguji vaksin

Imperial College London dan sekelompok peneliti mengatakan bahwa mereka bersiap untuk menginfeksi 90 relawan muda yang sehat dengan virus korona untuk berpotensi mempercepat pengembangan vaksin yang dapat membantu mengakhiri pandemi.

21 Oktober 2020: UE menandatangani kontrak dengan Johnson & Johnson untuk 400 juta dosis vaksin

Presiden Komisi Ursula von der Leyen mengumumkan kontrak untuk Uni Eropa dengan Johnson & Johnson yang akan mengamankan 400 juta dosis vaksin. Ini adalah kontrak ketiga yang dimiliki UE dengan perusahaan farmasi.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com