bar-merah

Pandemi Covid-19 tak hilangkan esensi Sumpah Pemuda

zonautara.com
Seskab Pramono Anung.(Foto: Akun Instagram @pramonoanungw)

ZONAUTARA.com – Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-92 tahun 2020 ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengatakan, meski dilakukan di tengah kondisi dan dengan cara yang berbeda, hal tersebut tidak mengurangi esensi dari peringatan tersebut.

“Walaupun dalam kondisi-kondisi pandemi Covid-19 ini kita tidak kehilangan esensi yang mendasar terhadap Sumpah Pemuda. Esensinya adalah, bahwa kita tetap bertumpah darah yang satu tumpah darah Indonesia, berbangsa yang satu bangsa Indonesia, berbahasa persatuan yang satu Bahasa Indonesia,” kata Pramono, Rabu (28/10/2020).

Memaknai Sumpah Pemuda tersebut, Seskab mengajak para pemuda untuk bersatu memproteksi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan dari pandemi Covid-19 ini dengan cara masing-masing. Salah satu cara yang dilakukan Seskab adalah dengan rajin berolahraga.

“Saya hampir setiap hari bersepeda minimal 25 kilometer. Saya yakin dengan setelah salat subuh saya bersepeda, saya menjaga diri saya sendiri. Alhamdulillah sampai hari ini, lingkungan tempat saya bekerja dan kemudian saya sendiri, saya bisa memproteksi dari pandemi Covid-19,” ucapnya.

Selain menjaga kesehatan badan, menurut Seskab, yang tidak kalah penting adalah  menjaga kesehatan pikiran.

“Yang penting adalah badan sehat, pikiran sehat, prestasi yang sehat, berkompetisi yang sehat,” ujarnya.

Menanggapi maraknya hoaks dan disinformasi yang beredar saat ini, Seskab meyakini para pemuda mengetahui bahwa informasi yang diterimanya adalah palsu atau tidak.

“Perjalanan sejarah sudah membuktikan semakin kita ditempa, saya meyakini bangsa ini akan menjadi bangsa yang kuat,” kata Pramono.

Lebih lanjut, Seskab mengatakan, Indonesia memiliki pengalaman yang panjang dan dibangun dari perbedaan. Perbedaan-perbedaan yang dipersatukan, menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang kuat.

“Berbeda itu biasa, tetapi bersatu menjadi luar biasa. Selamat Hari Sumpah Pemuda ke-92,” pungkas Seskab Pramono Anung.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com