ZONAUTARA.com – Setiap hubungan dalam kehidupan manusia, pasti tidak terlepas oleh sisi buruk dan baik yang dikandungnya. Malah dalam sebuah hubungan sepasang kekasih yang sesungguhnya berkomitmen untuk saling menyayangi, tak lepas dari adanya pertengkaran.

Adu pendapat dan merasa sang pasangan belum cukup mengerti atau tak mampu menjadi seperti yang kamu inginkan, sering menjadi pemicu pertengkaran.

Ada baiknya kamu tidak membandingkan beberapa hal di bawah ini, yang memang tidak sepantasnya dibandingkan.

Membandingkan dirinya dengan orang lain berdasar sikap romantis

Terkadang kamu seenaknya mengatakan perbandingan tentang hal ini. Betapa pasanganmu tampak terlihat kurang di matamu, hanya karena ia tidak memiliki sikap seromantis pasangan orang lain.

Ada baiknya untuk berhenti melakukan perbandingan berdasar sikap romantis atau tidaknya pasanganmu. Belajarlah untuk menerima dan lebih melihat lagi kelebihan apa yang dimiliki pasanganmu dari orang lain.

Membandingkan dirinya secara fisik

Untuk kamu sebaiknya jangan pernah melakukan hal ini. Siapapun termasuk pasanganmu tidak ingin mendengar kata-kata tentang hal ini keluar dari mulutmu.

Belajarlah untuk mengaguminya dan katakan itu dengan sungguh, hal ini membuktikan bahwa kamu seorang yang dewasa dan mengerti bagaimana menghargai pasanganmu apa adanya.

Memilih membandingkan dirinya berdasar apa yang tidak ia miliki secara materi

Kamu memilih dirinya menjadi pasangan, pasti karena ia memiliki kelebihan lain yang membuatmu jatuh cinta. Jika hal ini yang menjadi alasan, tentu kamu tidak memiliki alasan apapun untuk membandingkan ia dengan apa yang dimiliki atau tidak olehnya secara materi yang ada.

Jangan terlalu menuntut dengan pasangan, karena hanya dirinya yang memilih bertahan dan menerimamu sampai saat ini dengan banyaknya kekurangan yang ada dalammu.

Membandingkan dirinya dengan mantanmu

Salah satu hal yang juga paling menyakitkan yang kamu lakukan pada pasanganmu, ketika kamu memilih membandingkan dirinya dengan seseorang dari masa lalumu. Sikap ini sangatlah menyakitkan untuknya. Kamu dianggap tidak menghargai kehadiran dan perjuangan dirinya untuk bisa bersamamu.

Sikap ini tidaklah baik jika kamu terapkan dalam hubunganmu. Mungkin kamu punya niat baik agar pasanganmu bisa mengerti dan berubah ataupun sadar akan kekurangannya. Tapi memilih cara membandingkan dengan sang mantan bukanlah hal bijak untuk dilakukan.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id