ZONAUTARA.com – Aplikasi Youtube sempat menjadi perbincangan di jagat maya oleh para pengguna internet karena tak bisa memutar layanan video.

Seperti dikutip dari Kompas Tekno, kejadian ini terjadi pada pagi dini hari pukul 07:00 WIB, berdasarkan pantauan yang dilakukan lewat situs DownDetector, dengan setidaknya sudah ada 200 ribu lebih pengguna yang melaporkan masalah eror ini.

Pengguna merasakan kesulitan dalam hal pemutaran video, walaupun situs video ini bisa dibuka tapi tampilan yang ditunjukkan hanyalah ikon loading.

Namun, sampai siang dini hari pukul 12:45 WITA lewat pantauan Zona Utara, akses pemutaran video di Youtube sudah kembali normal dan tak menunjukkan tampilan loading seperti sebelumnya.

Permasalahan akses Youtube ini juga sempat terjadi di beberapa negara di luar seperti Amerika Serikat, Amerika Selatan, Eropa, Jepang, dan Australia.

Youtube merupakan situs yang didirikan mantan pekerja PayPal, Steve Chen, Chad Hurley, dan Jawed Karim pada Februari 2005. Namun sejak akhir tahun 2006, situs video ini kemudian beralih menjadi milik Google.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id