bar-merah

5 hal ini harus kamu miliki sebagai fresh graduate

zonautara.com
Ilustrasi wisuda. (Image: Emily Ranquist by Pexels)

ZONAUTARA.com – Dunia pekerjaan memang pada kenyataannya tidaklah sama seperti keadaan sewaktu kamu kuliah. Akan ada banyak hal yang ditemui dan dihadapi saat terjun langsung dalam dunia ini.

Bukan lagi yang dihadapi adalah dosen dan teman sekampus, tapi sekompleks masalah pekerjaan dan berurusan dengan berbagai macam manusia di luar sana.

Berbagai kompleksitas inilah membuat kamu harus belajar mengetahui lagi, apa saja yang dibutuhkan bagi dirimu sebagai persiapan untuk masuk di dunia kerja.

Setidaknya bukan hanya bermodalkan ijazah dan nilai IPK yang tinggi, tapi kesiapanmu dalam hal mental dan attitude yang juga mumpuni.

Mampu beradaptasi

Kemampuan adaptasi adalah hal yang dibutuhkan bagi kamu, para fresh graduate. Di saat memasuki dunia kerja dengan menemui banyak orang baru dan lingkungan yang baru, hal adaptasi akan menjadi modal utama bagi kamu melewati keadaan ini.

Belajar adaptasi juga tidaklah rumit, cukup bagi kamu untuk tahu bagaimana menghargai dan menghormati orang lain adalah kunci untuk sukses dalam tahap ini.

Kerja tim

Dalam dunia pekerjaan, tidak ada yang paling hebat dan tidak ada yang paling biasa saja. Semua orang punya perannya masing-masing.

Untuk itu, pentingnya bagi kamu agar tetap memegang prinsip ini. Bersama saling menyemangati dan membantu satu dengan lain, karena pada dasarnya siapapun kita tanpa bantuan orang lain, kita tak bisa melakukan banyak hal lainnya.

Pemecahan masalah

Pemikiran yang kritis dan mampu menganalisa sesuatu untuk segera diselesaikan, adalah bukti bahwa kamu memiliki kemampuan dalam hal pemecahan masalah.

Seperti yang kamu ketahui, bahwa dunia pekerjaan yang dipenuhi berbagai kompleksitasnya, menuntut kamu pun harus siap dengan solusi apa yang akan kamu berikan.

Memang terdengar tidak mudah, tapi hal ini adalah fakta yang akan kamu hadapi nanti dan rasakan saat sudah ada di dunia pekerjaan.

Belajar menjadi profesional

Seorang yang profesional dikenal dengan kemampuannya dalam menyelesaikan pekerjaan yang selalu sesuai standar.

Mereka sering dikenal dengan orang-orang yang totalitas dalam kerja. Tidak pernah setengah-setengah, selalu fokus pada hasil dan disiplin dalam kerja.

Belajar menerima kritikan

Sebagai fresh graduate, kamu akan dengan mudah membuat kesalahan dan kekliruan dalam hal pekerjaan. Namun, hal ini adalah wajar.

Kondisi yang ada, sebenarnya hanyalah sebagai awalan untukmu menjadi seorang yang ahli dalam kerjamu. Jadi, inilah kenapa penting bagi kamu untuk tahu belajar menerima kritikan.

Tidak ada yang perlu dipermasalahkan atau berkecil hati ketika menerima banyak kritikan dan mungkin dimarahi para senior. Ketahuliah bahwa yang paling penting bukanlah kegagalannya, tapi kesempatan kamu belajar dari setiap hal baru yang datang.

Tetaplah lakukan yang terbaik, tunjukan saja pada orang-orang di luar sana. Kamu para fresh graduate juga bisa kerja sebaik mereka yang dikatakan hebat dalam bidangnya.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com