Dasar-dasar tentang teknik mengedit foto yang harus kamu ketahui

2 mins read
zonautara.com
Ilustrasi editing foto. (Foto oleh Tranmautritam dari Pexels)

ZONAUTARA.com – Dalam dunia fotografi kita tidak hanya dituntut untuk jago dalam penggunaan kamera, tapi juga pengetahuan tentang cara pengeditan foto.

Belajar edit foto pada intinya merupakan skill tambahan dalam dunia fotografi. Seorang fotografer yang sudah profesional pasti memiliki keahlian ini dalam dirinya.

Untuk itu, bagi kamu yang sedang ingin belajar menambah skill dalam pengeditan, ada baiknya mengetahui apa saja dasar-dasar teknik mengedit foto yang harus kamu ketahui, melalui beberapa sumber yang sudah kami rangkum.

Rule of third

Rule of third merupakan teknik dasar dalam pengeditan foto yang harus kamu ketahui dan pelajari.

Teknik ini sering digunakan ketika kamu harus mengcropping sebuah foto namun harus tetap menggunakan rule of third, agar gambar hasil cropping kamu semakin sempurna setelah pengeditan.

Belajar rotasi

Dasar selanjutnya dalam pengeditan yaitu rotasi dalam gambar. Ketika hasil fotomu di kamera terlihat miring, dengan teknik editing rotasi, kamu akan dengan mudah memperbaiki itu kembali.

Belajar warna dan saturasi

Dalam editing terkadang kamu melihat hasil fotomu kurang bercerita dalam hal warna. Namun, dengan belajar teknik warna dan saturasi hal ini tentu dapat membantumu untuk memperindah lagi hasil foto itu.

Cobalah untuk berani mengeksplor soal warna dan saturasi dalam hasil fotomu, ini akan menambah refrensimu untuk editing kedepan nanti.

Belajar level kontras dan kecerahan

Dua hal ini juga termasuk teknik dasar dalam pengeditan foto. Kontras biasanya sering dibagi dua kontras tinggi dan rendah, yang di mana memperlihatkan hasil foto pada bagian sangat terang dan gelap.

Sama halnya dengan kecerahan, ketika kamu merasa fotomu kurang gelap atau terlalu terang karena iso tinggi. Kamupun dapat mengakalinya dengan teknik editing ini.

Itulah beberapa teknik dasar dari editing fotografi. Ingat, jangan pernah berhenti berfoto dan ciptakanlah sebanyak mungkin cerita dari setiap karya fotomu.

Bagikan !

Latest from Blog

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com