bar-merah

Terapkan protokol kesehatan, 450 anak disunat gratis

BOLMONG, ZONAUTARA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar khitanan atau sunatan massal gratis untuk 450 anak.

Kegiatan ini digelar 1-5 Desember 2020 di lima kecamatan. Pelaksanaannya di UPTD Puskesmas Kecamatan Bolaang, Passi Barat, Dumoga Utara, Dumoga Barat dan Lolayan.

Kepala Dinkes Bolmong Erman Paputungan melalui Kabid Pelayanan Kesehatan Wiyono mengungkapkan, 450 anak yang dikhitan sebelumnya sudah terdata di pemerintah kecamatan.

Pelaksanaan khitanan massal ini, lanjut Wiyono, menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Baik tenaga medis, peserta khitanan termasuk orang tua pendamping diukur suhu tubuh, menggunakan masker, diwajibkan cuci tangan dengan sabun, dan jarak diatur.

“Soal biaya, khitanan massal ini anggarannya dari APBD tahun 2020,” katanya.

Menurutnya, program ini untuk membantu meringankan beban masyarakat, khususnya orang tua yang memiliki anak-anak yang belum dikhitan di masa pandemi Covid-19.

“Usai khitanan, anak-anak juga diberikan bantuan kain, peci, serta obat-obatan. Selanjutnya anak-anak diwajibkan untuk kontrol di Puskesmas setempat,” jelasnya.

Terpisah, Camat Passi Barat Marief Mokodompit mengaku, khitanan massal gratis ini sangat membantu warganya. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Patut disyukuri ada program ini di saat ekonomi masyarakat masih belum stabil karena Covid-19. Masyarakat di 13 desa se-Kecamatan Passi Barat yang punya anak dan belum dikhitan, sangat terbantu sekali,” ujarnya.

Penulis: Rensa Bambuena/Kronik Totabuan

Caption: Camat Passi Barat Maarief Mokodompit dan tim Dinkes Bolmong memberikan hadiah peci dan sarung kepada peserta khitanan gratis. (istimewa)



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com