bar-merah

7 fakta mencegangkan seputar sejarah PSSI

ZONAUTARA.com – Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) yang kita kenal sekarang ini ternyata memiliki sejarah yang panjang. Ada sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui publik seputar PSSI.

Baca: 12 fakta mengejutkan seputar keikutsertaan PSSI di Piala Dunia Perancis 1938

Apa saja itu? Berikut ini 7 fakta menarik seputar sejarah PSSI:

  • Berdiri di Solo pada 19 April 1930

Umur PSSI lebih tua dari umur Indonesia sendiri. PSSI kala itu digunakan sebagai media perjuangan kemerdekaan Indonesia sejak didirikan di Solo pada 19 April 1930, dengan Ir. Soeratin Sosrosoegondo sebagai Ketua Umum.

  • Masuk piala dunia di Perancis 1938

PSSI sebagai tim Hindia Belanda lolos ke piala dunia tanpa pertandingan kualifikasi. Namun dibantai Hungaria pada pertandingan perdana.

  • Bergabung dengan FIFA pada 1952

Tujuh tahun sesuah merdeka, PSSI baru berkemsempatan bergabung dengan Federasi Sepak Bola Internasional atau yang lazim dalam bahasa Perancis dengan nama Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

  • Bergabung dengan AFC pada 1954

Setelah bergabung di FIFA, PSSI juga bergabung dengan Konfederasi Sepak Bola Asia atau yang dalam bahasa Inggris dikenal Asian Football Confederation (AFC). Organisasi tersebut adalah badan pengendali sepak bola di Asia dan Australia, yang anggotanya sebanyak 47 negara, di luar Siprus dan Israel.

  • Menjadi tuan rumah Asian Games 1962

Ketika Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Asian Games 1962, PSSI otomatis menjadi tuan ruamh untuk cabang olahraga Sepak Bola. Indonesia kala itu baru berusia 17 tahun.

  • Masuk piala dunia U-20 di Jepang pada 1979

Jalan menuju Piala Dunia U-20 1979 diperebutkan tim-tim asal Asia pada ajang Piala Asia Junior 1978. Jepang yang waktu itu sebagai tuan rumah lolos otomatis. Kemudian dua jatah negara Asia lainnya diberikan kepada juara dan runner-up Piala Asia Junior 1978.

Korea Selatan tampil sebagai juara dan Irak di posisi runner-up. Irak kemudian mengundurkan diri. Penerima peluang yang tersisa hanyalah Korea Utara yang berada di peringkat ketiga. Sayangnya, Korea Utara juga menolak akibat Coca Cola yang merupakan produk Amerika Serikat jadi sponsor utama turnamen.

Akhirnya, jatah Piala Dunia U-20 1979 wakil Asia jatuh ke Indonesia, yang sejak perempat final telah tersingkir.

  • Menjadi tuan rumah Piala Asia 2007

PSSI sebagai representasi organisasi sepak bola Indonesia ditunjuk jadi tuan rumah Piala Asia 2007 bersama Thailand, Malaysia, dan Vietnam.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com