Adi Utarini dan Tri Mumpuni, ilmuwan Indonesia yang catat prestasi internasional

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
Adi Utarini dan Tri Mumpuni yang berhasil memperoleh pengakuan dunia atas prestasinya di bidang keilmuan.(Image: Facebook.com/Presiden Joko Widodo)



ZONAUTARA.comAdi Utarini dan  Tri Mumpuni, dua ilmuwan Indonesia, berhasil mencatat prestasi internasional. Keduanya kemudian memperoleh pengakuan dunia atas prestasi dan dedikasi di bidang keilmuan.

Adi Utarini masuk dalam daftar “Nature’s 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020” dari jurnal ilmu pengetahuan Nature. Adi Utarini memimpin uji coba perintis dari sebuah teknologi yang dapat membantu memberantas demam berdarah, penyakit yang menyerang hingga 400 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Hasil penelitian Adi Utarini bersama timnya berhasil mengurangi kasus demam berdarah hingga 77 persen di beberapa kota besar di Indonesia

Baca: Ilmuwan Adi Utarini dan Tri Mumpuni, dapat apresiasi Presiden Jokowi

Sementara itu, Tri Mumpuni, Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA), termasuk 22 Most Influential Muslim Scientists dalam daftar The 500 Most Influential Muslims yang diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Centre. Tri Mumpuni ikut mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan-kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Sampai saat ini, IBEKA telah membangun setidaknya 65 PLTMH di desa-desa terpencil di berbagai pelosok Nusantara. IBEKA adalah fasilitator yang menggunakan pendekatan pembangunan PLTMH untuk membangun modal sosial rakyat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan apresiasinya yang antusias atas prestasi yang berhasil dicapai dua ilmuwan Indonesia tersebut.

“Saya ikut bangga dan sangat mengapresiasi prestasi serta sumbangsih Ibu Prof. Adi Utarini dan Ibu Tri Mumpuni. Semoga menjadi teladan dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia untuk semakin giat menekuni ilmu pengetahuan dan memberi kontribusi nyata bagi kemajuan kehidupan umat manusia,” tulis Jokowi melalui aku Facebook pribadinya, Minggu (20/12/2020).



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
1 Comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com