Poktan Minut mampu distribusi ratusan ton benih jagung, DPRD Sulut minta pemerintah beri tunjangan

  • Share
benih jagung
Foto dari TerasManado.com

ZONAUTARA.com – Komisi II DPRD Provinsi Sulawesi Utara melakukan melakukan kunjungan kerja ke Gudang Prosesing Benih Jagung JH37 di Desa Suwaan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), Selasa (9/3/2021).

Komisi yang membidangi perekonomian dan keuangan ini mendapati ada kelompok tani (poktan) lokal di Minut mampu mendistribusikan ratusan ton benih jagung.

“Kelompok Tani Anugerah di Minahasa Utara sudah beberapa tahun terakhir ini bergerak di bidang proses benih jagung dan sudah mendistribusikan ratusan ton benih ke daerah yang ada di Sulawesi Utara maupun provinsi dan kabupaten/kota lain yang ada di Indonesia,” kata Ketua Komisi II DPRD Sulut Cindy Wurangian lewat pesan singkat saat dikonfirmasi Terasmanado.com, media sindikasi Zonautara.com, Rabu (10/3/2021).

Menurut Cindy, kelompok tani seperti ini perlu diperhatikan lebih oleh pemerintah.

Baca Pula:  Kegiatan Pendidikan Kader 'Sumikola' GAMKI Minahasa resmi bergulir

“Hal seperti ini perlu mendapat tunjangan yang lebih dari pemerintah, apakah dari APBN maupun dari APBD. Itu untuk menambah fasilitas-fasilitas yang mereka butuhkan,” ujarnya.

Ketua DPD II Partai Golkar Bitung itu melihat support dari Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Provinsi Sulut maupun Dinas Pertanian Minahasa Utara sudah maksimal.

“Kedepannya perlu tetap diperhatikan agar kesinambungan dari kerja yang dilakukan oleh kelompok tani ini bisa terus berlangsung dan skalanya bisa menjadi lebih besar,” harap Cindy.

Menurut Cindy kunjungan kerja Komisi II juga didampingi dari pihak produsen pupuk.

“Mereka (produsen pupuk) memang harus dilibatkan supaya ada sinergitas dan kolaborasi yang lebih holistik. Sehingga apa yang mereka hasilkan dan nanti didistribusikan atau itu dijual ke masyarakat yang ingin bertani jagung kualitasnya bisa lebih optimal,” sebut Cindy.

Baca Pula:  Basarnas Manado tangani 3 musibah sekaligus dan 2 pelatihan SAR

Ia menambahkan, kunjungan kerja Komisi II ini dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan DPRD yang membidangi perekonomian dan keuangan.

“Di Gudang Prosesing Benih Jagung JH37 di Desa Suwaan, Minahasa Utara, kita memonitoring ketersediaan benih jagung JH37,” katanya.

Selain di Minut, Komisi II juga melakukan kunjungan kerja ke kelompok tani di Desa Senduk, Minahasa.

“Guna evaluasi penyaluran bibit jagung hibrida tahun anggaran 2020 yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Sulut,” ujar Cindy.

Wakil Ketua DPRD Victor Mailangkay ikut kunjungan kerja ini. Mailangkay sendiri sebagai koordinator Komisi II. (SMM)

| TerasManado



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com