Tragedi penembakan di panti pijat Atlanta tewaskan delapan orang

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
Foto dari The Guardian



ZONAUTARA.comSerangkaian penembakan di tiga panti pijat di Atlanta telah menewaskan delapan orang, sebagian besar dari mereka wanita keturunan Asia, yang menimbulkan kekhawatiran bahwa pembunuhnya memiliki motif rasial.

Seorang pria berusia 21 tahun, Robert Aaron Long, adalah tersangka dalam penembakan tersebut. Kini ditahan polisi di barat daya Georgia sekitar 150 mil (240km) dari kota setelah mobilnya dicegat pada perburuan terhadap pelaku.

Pembunuhan itu terjadi di tengah meningkatnya jumlah serangan terhadap orang Asia-Amerika di seluruh AS sejak dimulainya pandemi virus corona. Enam dari mereka yang tewas adalah orang Asia sementara dua orang berkulit putih.

“Tampaknya mereka mungkin orang Asia,” kata kepala polisi Atlanta, Rodney Bryant.

Kementerian Luar Negeri Korea Selatan menyatakan pada Rabu bahwa diplomatnya di Atlanta telah mengkonfirmasi bahwa empat dari korban yang meninggal adalah wanita keturunan Korea.

Tragedi penembakan tersebut diyakini dilakukan oleh seorang pria bersenjata – dimulai sekitar pukul 5 sore waktu setempat, ketika lima orang ditembak di Youngs Asian Massage Parlor di sebuah mal dekat daerah pedesaan di Acworth, Kabupaten Cherokee, sekitar 30 mil (50 km), utara Atlanta. Menurut juru bicara kantor sheriff daerah setempat, Jay Baker, dua orang meninggal di tempat kejadian dan tiga orang dibawa ke rumah sakit, di mana dua dari mereka juga meninggal.

Penembakan berikutnya terjadi pada pukul 17.50 ketika polisi di lingkungan Buckhead di Atlanta, menanggapi panggilan laporan tentang perampokan, menemukan tiga wanita tewas karena luka tembak di Gold Spa.

Ketika polisi berada di tempat itu, mereka mengetahui tentang tembakan di spa lain di seberang jalan, Aromatherapy Spa, dan menemukan seorang wanita yang tampaknya ditembak mati di dalam.

Mobil tersangka tertangkap kamera saat melakukan penembakan di Acworth. Tersangka terlihat berhenti di tempat kerja sekitar jam 4.50 sore, beberapa menit sebelum serangan. Baker mengatakan tersangka ditahan di Crisp County.

Polisi mengatakan rekaman video juga menunjukkan kendaraan tersangka terlihat di area spa Atlanta pada waktu serangan itu juga.

Juru bicara FBI Kevin Rowson mengatakan mereka membantu otoritas Atlanta dan Kabupaten Cherokee dalam penyelidikan.

Long ditangkap setelah polisi negara bagian melakukan teknik intervensi pengejaran, sebuah gerakan “yang menyebabkan kendaraan lepas kendali”, kata Hancock. Long kemudian ditahan “tanpa insiden”.

“Seluruh keluarga kami berdoa untuk para korban dari tindakan kekerasan yang mengerikan ini,” kata Gubernur Georgia, Brian Kemp, pada Selasa malam. “Sekali lagi kami melihat bahwa kebencian itu mematikan,” Senator Raphael Warnock dari Georgia tweeted.

Kelompok The Stop AAPI mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa banyak komunitas Asia Amerika merasa menjadi sasaran selama setahun terakhir.

“Penembakan yang dilaporkan terhadap beberapa wanita Amerika Asia hari ini di Atlanta adalah tragedi yang tak terkatakan – untuk keluarga para korban pertama dan terutama, tetapi juga untuk komunitas Asia-Amerika, yang telah terhuyung-huyung dari serangan rasis tingkat tinggi selama tahun lalu, “katanya.

“Serangan terbaru ini hanya akan memperburuk ketakutan dan penderitaan yang terus dialami komunitas Asia-Amerika.”

| The Guardian



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



TAGGED:
Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com