ZONAUTARA.com – Gagasan jalur transportasi segitiga emas yang disebut 3B, melibatkan tiga Kabupaten yaitu Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) di Provinsi Sulawesi Utara dan Bone Bolango di Provinsi Gorontalo tampaknya diseriusi kembali.

Hal ini terungkap dalam kunjungan studi banding Sekretaris Daerah (Sekda) Bolmut Asripan Nani didampingi staf khusus Bupati yang diterima Asisten III Setda Bone Bolango Iwan Mustapa, Ketua Tim Kerja Bupati Irwan Bempah, Kepala Bappeda-Litbang Basir Noho, dan anggota Tim Kerja Bupati Tanwir Ali, Ayub Abdul Rahman dan Tomi Laisa, di ruang rapat Wakil Bupati Bone Bolango. Rabu (17/2/2021).

Ketua Tim Kerja Bupati Bone Bolango Irwan Bempah berharap gagasan segitiga emas ini mampu meningkatkan ekonomi antar ketiga daerah.

”Apalagi gagasan ini sudah dicetuskan sejak beberapa tahun yang lalu, sehingga ini perlu ditindaklanjuti kembali melalui pertemuan dengan para kepala Bappeda di tiga daerah tersebut,” ujar Irwan Bempah.

Sementara itu Sekda Bolmut Asripan Nani mengatakan dengan menghubungkan tiga daerah, Bone Bolango, Bolmut, dan Bolsel, diharapkan akses ekonominya bisa terbangun. 

“Untuk menghubungkan ketiga daerah ini dengan cara merencanakan lewat tata ruang wilayah masing-masing. Kalau jalur akses transportasi antara Bone Bolango ke Bolmut, Bolmut ke Bolsel, dan Bolsel ke Bone Bolango tercipta, maka kami yakin akselerasi ekonomi di tiga daerah ini cepat tumbuh,” jelasnya.

“Ini sudah digagas sejak sembilan tahun yang lalu, maka kita perlu segarkan kembali untuk dibicarakan bersama,” ujar Asripan Nani.

Ia menambahkan dalam kunjungan studi banding tersebut, pihaknya selain membicarakan gagasan segitiga emas jalur transportasi 3B juga mengonsultasikan tentang kerja-kerja sebagai seorang staf khusus Bupati.

”Kalau di sini di Bone Bolango, itu namanya Tim Kerja Bupati. Kalau di Bolmut itu Staf Khusus Bupati,” ujarnya.

| TorangPeBerita.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id