Diberi nama “Lanang”, Aprilia Manganang jalani sidang perubahan nama-gender

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
Ilustrasi dari Freepik.com



ZONAUTARA.com – Prajurit TNI Angkatan Darat Serda Aprilia Santini Manganang yang juga dikenal sebagai atlet volly sudah diberi nama pengganti oleh istri Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Hetty Andika Perkasa. Hesty memberikan nama Lanang untuk Serda Manganang.

Pemberian nama pengganti itu terkait dengan sidang perdata yang dijalani oleh Serda Manganang di Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

Serda Manganang akan menjalan sidang perdata penetapan perubahan nama dan status jenis kelamin. Manganang hadir secara virtual. Dia berada di Mabes TNI AD di Jalan Veteran, Gambir Jakarta Pusat.

Dikutip dari Detikcom, Jumat (19/3/2021), Manganang terlihat mengenai pakaian dinas TNI AD pria. Dia terlihat mengenakan celana panjang berwarna hijau.

Rambut Manganang juga terlihat pendek seperti prajurit TNI lainnya. Selain itu, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa bersama istri Hetty Andika Perkasa turut hadir.

Keduanya duduk di antara Manganang. Sesekali, Hetty terlihat berbincang-bincang dengan Manganang.

“Pagi ini dijadwalkan akan sidang penetapan oleh PN Tondano,” ujar Jenderal Andika di lokasi.

Andika mengatakan saat ini Manganang masih menggunakan atribut nama lamanya. Apabila pengadilan memutuskan pergantian status jenis kelamin, Andika mengaku sudah menyiapkan atribut nama baru untuk Manganang.

“Kalau Zoom ke namanya menggunakan Aprilia Manganang. Kalau diputuskan oleh pengadilan berganti nama, kita sudah siapkan label nama baru,” imbuhnya.

Sidang pergantian nama dan status jenis kelamin saat ini sudah dimulai. Majelis hakim menyatakan sidang terbuka untuk umum.

“Sidang dinyatakan dibuka dan terbuka untuk umum,” kata majelis hakim.

Lanang

Soal pemberina nama Ladang tersebut, Hetty menjelaskan alasan ia memberikan nama Lanang untuk Manganang. Hesty mengatakan bahwa ‘Lanang’ dalam bahasa Jawa berarti lelaki. Dia berharap nama itu bisa menjadi doa agar Manganang menjadi lelaki sejati.

“Saya kasih namanya dengan doa. Jadi saya kasih nama Manganang, Lanang. Lanang itu lelaki, itu bahasa Jawa. Jadi saya berharap dengan nama Lanang ini Manganang jadi lelaki sejati,” ujar Hetty seperti dilihat detikcom dari kanal YouTube TNI AD, Kamis (18/3).

“Siap, Bu,” jawab Serda Aprilia Manganang tegas.

Hetty juga mengungkap permintaannya kepada Jenderal Andika Perkasa untuk mendidik Serda Aprilia Manganang menjadi lelaki yang kelak dapat dibanggakan.

“Saya kemarin bilang sama bapak, saya ingin bapak mendidik Lanang untuk menjadi lelaki yang bisa menjadi lelaki kebanggaan saya,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemberian nama baru ini dilakukan usai Serda Aprilia Manganang didiagnosis mengidap penyakit hipospadia, di mana ternyata selama ini Serda Aprilia Manganang berjenis kelamin laki-laki. Serda Aprilia Manganang pun menjalani corrective surgery sampai dua kali.

| Detik.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com