ZONAUTARA.com – Polri melalui Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror terus melancarkan operasi pengungkapan jaringan teroris di Indonesia.

Sejak Februari hingga Maret 2020, sudah sebanyak 49 terduga teroris yang ditangkap Densus 88 di sejumlah daerah di Indonesia. Penangkapan itu terkait dengan jaringan Jamaah Islamiyah (JI).

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan, pada Februari lalu, Densus 88 telah menangkap 22 terduga teroris di Jatim. Kemudian, dari hasil pengembangan, Densus 88 kembali menangkap 2 terduga teroris di Jakarta.

“Sejak akhir Februari sampai awal Maret, Densus telah amankan 22 terduga terorisme di Jawa Timur. Kemudian dikembangkan lagi di Jakarta, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Dari Jakarta, kita ketahui bersama kegiatan tanggal 19 Maret, 2 terduga diamankan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu (24/3/2021).

Sementara di Sumatera Barat (Sumbar), Densus 88 menangkap 6 terduga teroris. Kemudian, lanjut Rusdi, 14 terduga teroris ditangkap di Sumatera Utara (Sumut).

“Kemudian di Sumbar itu ada 6, kemudian di Sumut itu ada 14. Kemudian tetap dikembangkan dan informasi terakhir untuk Sumut sampai hari ini diamankan lagi 4 terduga terorisme. Jadi seluruhnya di Sumut berjumlah 18,” katanya.

Rusdi mengatakan penangkapan itu kemudian terus dikembangkan. Hasilnya, Densus 88 kembali menangkap lagi 4 terduga teroris di Sumut. Kemudian yang terbaru, lanjutnya, 1 terduga teroris ditangkap di Tangerang.

“Kemudian dikembangkan lagi tadi pagi di Tangerang. Itu 1 terduga terorisme jam 07.15 WIB telah diamankan. Atas nama AM berumur 54 tahun.”

Diberitakan sebelumnya, Densus 88 menangkap seorang terduga teroris di Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Terduga teroris berinisial AM itu ditangkap di Perumahan Islamic Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus membenarkan penangkapan terduga teroris itu. Terduga teroris tersebut ditangkap tadi pagi.

“Membenarkan pada hari ini Rabu, tanggal 24 Maret 2021, pada pukul 07.45 WIB, bertempat di Jalan Komari 2, Perumahan Islamic Village, Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, telah dilakukan penangkapan terhadap orang terduga teroris atas nama AM,” kata Yusri dalam keterangan, kepada wartawan, Rabu (24/3).

| Detik.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id