74 warga masih hilang pasca bencana di NTT, 124 orang meninggal

1 min read
bencana di ntt
Dalam kunjungannya, Doni Monardo (kanan depan) turut melakukan peninjauan jembatan runtuh akibat banjir bandang di Kepulauan Alor, NTT, Rabu (7/4). / Foto: BNPB

ZONAUTARA.com – Sebanyak 74 warga dinyatakan masih hilang pasca bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT). Angka itu berdasarkan update data yang disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) saat melakukan jumpa pers pada Rabu (7/4/2021).

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyampaikan data tersebut telah diperbarui per Rabu pukul 14.00 WITA.

“Perkembangan terakhir dari data yang kami dapatkan, 124 jiwa meninggal dunia, dan yang hilang ada 74 orang,” kata Raditya dalam jumpa pers virtual.

Baca Pula:  Okky Bisma berhasil diidentifikasi sebagai korban pesawat Sriwijaya Air SJ182

Korban meninggal dunia tersebar di Kabupaten Flores Timur, 67 orang; Kabupaten Alor, 21 orang; Kabupaten Malaka, 3 orang; dan, Kabupaten Lembata, 28 orang.

Selanjutnya 1 orang di Kabupaten Kupang; Kota Kupang 1 orang; Kabupaten Sabu Raijua, 2 orang; dan, Kabupaten Ende 1 orang.

“Kemudian 74 orang hilang, 6 dari Flores Timur, 44 di Lembata, 24 di Alor,” ucapnya.

Selain itu, korban luka-luka tercatat sudah 129 orang, lalu sebanyak 13.230 jiwa mengungsi.

BNPB mencatat banjir yang diakibatkan siklon tropis Seroja ini sudah menggenangi 11 kabupaten dan 1 kota di NTT yang merupakan provinsi kepulauan.

Baca Pula:  Sempat mati mesin, kapal penangkap ikan diselamatkan Basarnas Manado

Antara lain Kota Kupang, Kabupaten Flores Timur (banjir bandang), Kabupaten Malaka Tengah, Kabupaten Lembata, Kabupaten Ngada, dan Kabupaten Alor.

Selanjutnya, Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Rote Ndao, Kabupaten Sabu Raijua, Kabupaten Timor Tengah Selatan, dan Kabupaten Ende.

Kemudian kerugian materiil yang tercatat sejauh ini 1.962 rumah terdampak (688 rusak berat, 272 rusak sedang, 154 rusak ringan), 17 rumah hanyut, 60 rumah terendam, 40 akses jalan tertutup pohon tumbang, 5 jembatan putus, 87 fasilitas umum terdampak dan 1 kapal tenggelam.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com