Warga diminta tinggal di rumah, mudik di larang, Kemenhub akan sekat 300 lokasi

Redaksi ZU
Penulis Redaksi ZU
Ilustrasi dari Freepik.com



ZONAUTARA.com – Pemerintah secara resmi telah melarang Mudik Lebaran 2021. Warga diminta untuk tinggal di rumah saja. Mengantisipasi warga yang akan tetap nekat melakukan mudik, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun berencana akan melakukan penyekatan.

Sebanyak 300 lokasi akan dilakukan penyekatan untuk menghindari warga yang akan tetap mudik.

“Kalau berkaitan dengan darat, kita berkoordinasi dengan polisi dan Kakorlantas bahwa kita akan secara tegas melarang mudik dan akan melakukan penyekatan di lebih dari 300 lokasi,” kata Menhub Budi Karya Sumadi dalam jumpa pers virtual, Rabu (7/4/2021).

Karena itu, Budi meminta warga tetap tinggal di rumah. Dia menegaskan akan menindak tegas semua pelanggar larangan mudik.

“Sehingga kami menyarankan agar Bapak-Ibu tidak meneruskan rencana untuk mudik dan tinggal di rumah. Kita juga melihat adanya penggunaan pribadi, bahkan mobil bis plat hitam, truk pelat hitam kita akan melakukan tindakan tegas apabila itu dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, untuk transportasi laut, Budi menegaskan hanya akan melayani secara terbatas mereka yang dikecualikan untuk melakukan perjalanan. Salah satunya untuk layanan penyeberangan logistik.

“Bagi daerah-daerah yang memang secara khusus banyak melakukan mudik, seperti di Riau, dari Kalimantan ke Jawa, dan di Jatim, saya mengimbau bahwa tidak melakukan mudik,” kata Budi.

Untuk kereta api, Budi melanjutkan, pengurangan armada akan dilakukan. Hanya kereta luar biasa yang diperkenankan beroperasi.

“Di kereta api, kita akan melakukan pengurangan supply dengan hanya memberikan kereta luar biasa dan secara khusus bagi aglomerasi yang terdapat suatu pergerakan, katakanlah Jabodetabek, di Gerbang kertosusila dan juga Bandung kita juga akan menurunkan supply,” ujarnya.

“Sesuai arahan bapak presiden, kita tegas melarang mudik dan kami juga mengimbau agar yang berkeinginan mudik untuk tinggal di rumah saja,” imbuh Budi.

| Detik.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
Leave a comment
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com