Penderita GERD wajib menghindari 7 hal ini

  • Share

ZONAUTARA.com – Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit pencernaan yang terjadi jika asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding didalamnya. GERD dapat dikenali gejalanya saat asam lambung penderitanya naik lebih dari dua kali dalam seminggu.

Makanan pedas, berlemak, dan asam sangat tidak dianjurkan untuk penderita GERD. Tidak hanya perlu memperhatikan jenis makanan, penderita GERD sebaiknya menghindari beberapa hal berikut :

  1. Hindari langsung tidur atau rebahan sehabis makan

Setelah makan baiknya tunggu sekitar 2-3 jam jika ingin tidur atau rebahan. Tidur saat perut kenyang bisa menyebabkan isi perut menekan lower esophageal sphincter (LES) yaitu katup antara esofagus (organ berbentuk pipa penyalur makanan dari mulut ke lambung) lebih keras, dan ini memicu asam lambung dan makanan kembali naik.

  1. Stres
Baca Pula:  Waspada! Ini tanda-tanda ada yang salah dengan tubuh anda

Hindari stres berlebihan, karena hal tersebut dapat mengganggu rutinitas serta pola makan yang memicu berbagai penyakit, salah satunya penyakit lambung.

  1. Makan dalam porsi besar

Makan dalam porsi besar atau dalam jumlah banyak sekaligus akan membuat perut membesar dan meningkatkan tekanan ke atas pada LES yang akan membuat perut terasa mulas. Cobalah untuk makan sedikit demi sedikit 5-6 kali sehari dalam porsi kecil.

  1. Makan terburu-buru

Cara makan seperti ini menyebabkan pasien GERD akan merasakan sakit di ulu hati. Cobalah untuk meletakkan sendok atau garpu setiap suapan, dan kunyah makanan 20 kali. Cara ini membantu sistem pencernaan bekerja dengan mudah.

  1. Rokok dan alkohol

Produksi air liur saat merokok menjadi berkurang, sedangkan untuk penderita GERD, air liur yang bersifat basa dapat membantu menetralkan asam lambung, meredakan sakit di ulu hati. Merokok sangat berbahaya untuk pasien GERD karena dapat meningkatkan pergerakan garam ke empedu dari usus ke perut, dan meningkatkan produksi asam lambung.

Baca Pula:  PPKM diperpanjang, kenali perbedaan isolasi dan karantina mandiri

Sedangkan alkohol selain meningkatkan jumlah asam lambung yang diproduksi lambung, alkohol menyebabkan LES menjadi lemah. Jika harus mengonsumsi alkohol, disarankan tidak lebih dari 250 ml minuman beralkohol.

  1. Hindari tidur dengan posisi kepala sejajar dengan perut

Sebaiknya penderita GERD tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari perut untuk mengurangi tekanan isi perut ke LES.

  1. Baju ketat di area perut

Pakailah pakaian yang tidak terlalu kencang di area perut. Celana atau ikat pinggang yang terlalu kencang juga dapat menekan perut dan memaksa makanan nak ke LES.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com