bar-merah

Berapa lama oksigen di KRI Nanggala-402 bisa bertahan?

KRI Nanggala 402
Ilustrasi dari Pixabay.com

ZONAUTARA.com – Seluruh perhatian saat ini ditujukan kepada upaya pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang saat melakukan simulasi latihan di perairan Bali pada Rabu (21/4/2021).

Hingga Kamis (22/4) sore, upaya pencarian belum membuahkan hasil. TNI telah mengerahkan armada kapal perangnya ke lokasi insiden hilangnya kapal selam tersebut.

TNI juga telah meminta bantuan Singapura dan Australia yang memiliki peralatan untuk mencari kapal selam yang hilang.

KRI Nanggala-402 yang hilang kontak itu mengangkut 53 orang. Belum diketahui dengan pasti apa penyebab sampai kapal selam buatan Jerman itu hilang.

Salah satu yang dikhawatirkan adalah ketersediaan oksigen di dalam kapal selam, jika KRI Nanggala-402 memang tenggelam.

Dikutip dari Detik.com, Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menjelaskan soal kondisi ketersediaan oksigen di dalam KRI Nanggala-402 yang hilang di perairan utara Bali. Dia mengatakan oksigen di dalam kapal selam tersebut masih bisa tersedia selama 3 hari.

“Kemampuan oksigen KRI jika dalam kondisi yang diperkirakan black out seperti sekarang ini, mampu 72 jam. Kurang lebih 3 hari. Kalau kemarin hilang kontak jam 3, nanti bisa sampai Sabtu jam 3, sehingga 72 jam,” kata Laksamana Yudo dalam jumpa pers di Lanud Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (22/4/2021).

Yudo berharap KRI Nanggala-402 dapat ditemukan sebelum Sabtu (24/4) sehingga dipastikan oksigen di dalam kapal selam tersebut tidak keburu habis.

“Mudah-mudahan ini dapat segera ditemukan sehingga kondisi oksigen masih ada,” ujar dia.

KRI Nanggala-402 hilang kontak dalam latihan penembakan torpedo pada Rabu (21/4) dini hari. Laksamana Yudo mengatakan KRI Nanggala-402 dalam kondisi siap tempur.

Dia mengatakan KRI Nanggala-402, yang dibuat di Jerman pada 1977 dan diserahkan ke TNI AL pada 1981, siap dalam kondisi personel ataupun material. Dia menjelaskan soal kiprah KRI Nanggala-402.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com