/

Dimana letak Madripoor, pulau yang disebut di Indonesia dalam serial Marvel “The Falcon and The Winter Soldier”?

4 mins read
madripoor
Pemandangan di kota Madrippor (Marvel)

ZONAUTARA.com – Anda penggemar serial Marvel, tentu tidak melewatkan salah satu serial yang baru saja mereka rilis, “The Falcon and The Winter Soldier”. Serial ini dapat ditonton melalui Disney+ Hotstar.

Pada episode ke-3 serial yang menegangkan ini, tersebutlah sebuah pulau, “Madripoor“. Pulau itu menjadi menarik karena disebut terletak di Indonesia. Ini memang sebuah wilayah fiktif sebagai kisah dalam seri-seri Marvel tersebut. Tetapi tetap menarik untuk mencari tahu, di mana sebenarnya letak pulau Madripoor itu.

Episode ke-3 dari Serial The Falcon and The Winter Soldier itu diberi judul “Power Broker”. Dalam episode ini diceritakan perjalanan menuju pulau tempat Sharon Carter bersembunyi. Sharon bersembunyi di Madripoor sejak peristiwa “Captain America: Civil War”.

Saat dalam perjalanan ke Madripoor dengan pesawat terbang pribadi milik Zemo, Bucky menjelaskan kepada Sam bahwa “Madripoor adalah negara pulau di Kepulauan Indonesia. Itu adalah tempat suaka para bajak laut pada 1800-an”.

“Madripoor? You talk about it like it’s Skull Island.”
“It’s an island nation in the Indonesian archipelago. It was a pirate sanctuary back in the 1800s.”
“It’s kept its lawless ways.”

Saat mereka tiba di Madripoor, scene serial itu memperlihatkan pemandangan kota dengan gedung-gedung pencakar langit yang penuh dengan germelapnya lampu. Sebuah jembatan dengan arsitektur modern dan megah juga tampil dalam adegan film ini.

Baca Pula:  Jenis masker mana yang lebih efektif lindungi kita dari penularan virus corona?

Kota Madripoor ini sebenarnya telah ada di Komik Marvel sejak tahun 80-an, tetapi ini adalah pertama kalinya muncul di Marvel Cinematic Universe. Beberapa indikasi Madripoor sebenarnya mudah dipahami, dan Winter Soldier menguraikan jenis tempatnya sebelum beraksi.

Ini adalah negara kota yang dibangun di sebuah pulau kecil di Asia Tenggara, di suatu tempat antara Singapura dan pulau Bangka di Indonesia, tempat para penjahat berbahaya datang untuk bekerja, bermain, dan berbisnis.

Kota Madripoor sendiri diciptakan oleh Chris Claremont dan Steve Leialoha pada tahun 1985 di “New Mutants # 32:” yang didirikan oleh para bajak laut dan berfungsi sebagai surga bagi para pelanggar hukum dan yang diburu.

Letak Madripoor
Image dari https://www.goodnewsfromindonesia.id/

Masuknya uang kotor ke Madripoor menciptakan bank dan perusahaan besar tempat berbagai organisasi kriminal dapat mencuci uang mereka. Dengan demikian, kota ini dibagi menjadi dua bagian: Hightown, taman bermain bagi orang kaya, dan Lowtown, daerah kumuh yang sarat kejahatan.

Sebelumnya, karakter seperti Captain America, Black Widow, Nick Fury, dan bahkan Punisher telah menghabiskan waktu di Madripoor dalam berbagai komik, video game, dan petualangan animasi. Di komik, negara ini terletak di lepas pantai barat daya Singapura, tapi di serial “The Falcon and the Winter Soldier’, Madripoor disebut berada di kepulauan Indonesia.

Baca Pula:  8 tips perawatan kulit anda yang mudah berjerawat

Di komik X-Men, Madripoor digambarkan memiliki candi kuno, yang penampakannya mirip sekali dengan candi-candi Hindu di Jawa, terutama candi Prambanan.

Meski begitu, di serial Marvel terbaru ini, banyak gedung-gedung yang di kota itu yang cukup mirip dengan skyline Singapura, bahkan benderanya pun begitu mirip dengan negara tetangga Indonesia tersebut. Nama Madripoor, memang punya suara yang mirip dengan Singapura, bukan?

The Falcon (Marvel)

Kehadiran Madripoor dalam cerita The Falcon and the Winter Soldier agaknya menjadi awal dari rencana panjang Marvel ke depan. Pulau atau tempat itu ternyata berhubungan dengan sosok para mutan legendaris, X-Men.

Sebenarnya ini bukan kali pertama Indonesia disebut-sebut dalam cerita yang Marvel sodorkan. Dalam Avengers: Age of Ultron, kehadiran Indonesia juga sudah disebut meski samar-samar. Yakni ketika jet yang dikemudikan Bruce Banner dikonfirmasi pemimpin S.H.I.E.L.D, Nick Fury, jatuh di Laut Banda. Laut yang letaknya tak jauh dari Kepulauan Maluku dan Samudera Hindia.


KONTEN KERJASAMA ZONAUTARA dengan RCTI+

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com