Pengguna di Indonesia hasilkan Rp 650 juta dari jual beli barang The Force-Star Wars di Carousell

3 mins read
Market place Carousell

ZONAUTARA.com — Fans Star Wars di seluruh dunia bersatu pada hari ini akibat suatu candaan yang kemudian menjadi slogan mereka sebagai pencinta seri ini: “May the 4th Be With You”. Kekuatan force juga sangat kuat di Indonesia dimana para fans beralih ke Carousell, salah satu marketplace terbesar dan terdepan di dunia, untuk membeli dan menjual barang-barang Star Wars.

Meski di tengah pandemi, pengguna di Indonesia tetap bersatu dengan the Force dan menghasilkan lebih dari Rp 650 juta total penjualan

Setahun ini, pengguna di Indonesia telah memasarkan lebih dari 2,000 barang Star Wars dalam berbagai macam kategori di Carousell, dimana barang tersebut memiliki kualitas yang baik dengan harga rata-rata Rp 240,000.

Koleksi Star Wars menjadi barang terfavorit bagi penggemar setia. Orang-orang mungkin berasumsi bahwa Toys and Collectibles menjadi kategori terfavorit. Tapi siapa sangka, Men’s Fashion menduduki peringkat pertama, diikuti oleh Toys and Collectibles, dan Women’s Fashion di posisi ketiga. Hal ini membuktikan betapa penting dan berpengaruhnya kategori fashion di Carousell Indonesia.

Baca Pula:  Disney Plus Hotstar resmi hadir di Indonesia, simak cara pakai dan harganya

Walaupun kategori Men’s Fashion mengalahkan Women’s Fashion yang berada dua posisi di bawahnya, pencarian the Force di kedua kategori hampir berimbang! Perbedaan angka pria yang mencari barang Star Wars melampaui tipis di angka 2.4% dari wanita! Kemudian, meskipun tergolong cukup tua, pencarian untuk franchise ini ternyata didominasi oleh kalangan pemuda GenZ berusia 18-24 thn dengan angka pencarian 48.18%

Tidak hanya itu, kata kunci ‘Star Wars’ juga menjadi pencarian terbanyak di kategori Men’s Fashion di Carousell Indonesia, terutama untuk ‘Star Wars hoodie’ dan ‘Star Wars t-shirt’, lalu disusul oleh ‘LEGO Star Wars’. Selanjutnya, muncul judul baru yang tak kalah penting di galaksi Star Wars: The Mandalorian.

Tren The Mandalorian

Kemunculan The Mandalorian mendatangkan berbagai listing yang menggemaskan yang memicu peningkatan jumlah barang-barang Star Wars!

Perjalanan untuk mencari the Force meningkat pesat selama dua tahun terakhir, dengan jumlah pencarian yang stabil sejak tahun 2019 hingga kini.

Baca Pula:  DATA: 3 Triliun Untuk Dana Kelurahan

Bersama dengan diluncurkannya musim terbaru The Mandalorian, terjadi peningkatan jumlah barang-barang terkait Star Wars.

Hal ini membuktikan betapa kuatnya the Force di kalangan orang Indonesia. Musim pertama The Mandalorian tayang pada bulan November tahun 2019 dan tidak lama kemudian, muncul 397 listings hanya dalam sebulan di Desember.

Di tahun selanjutnya, angka ini menjadi dua kali lipat dengan tayangnya musim kedua The Mandalorian pada bulan Oktober tahun 2020 yang diikuti dengan 566 listing di bulan Desember.

Terlihat jelas bahwa Carousell dapat mengikuti minat para fans terhadap tren ini. Hal ini juga membuktikan relevansi Carousell di hati orang Indonesia.

“Kami sangat senang melihat bagaimana the Force telah menyatukan pengguna Indonesia di platform kami dan kami ingin membantu kalian merayakan saga Star Wars dengan membeli koleksi yang bisa kamu dapatkan melalui Carousell di sini!,” ujar Krithika Soma, Senior Communications Associate Carousell melalui rilis yang diterima Zonautara.com, Selasa (4/5/2021).


KONTEN KERJASAMA ZONAUTARA dengan RCTI+

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com