bar-merah

Wanita dari Mali melahirkan 9 bayi, rekor baru bayi kembar

bayi kembar 9
Kelahiran bayi kembar 9 di Maroko. (Foto: AP)

ZONAUTARA.com – Seorang wanita bernama Halima Cisse dari negara Mali diberitakan melahirkan 9 bayi kembar. Halima dikabarkan menjalani proses kelahiran kesembilan bayi kembarnya tersebut di klinik di negara Maroko.

Kejadian kembar 9 ini tampaknya merupakan kejadian pertama yang dicatat. Menteri Kesehatan Mali dalam sebuah penyataan yang dikutip dari AP menyebut Halima dan 9 bayi kembarnya semua dalam keadaan sehat.

Sembilan bayi kembar itu terdiri dari lima anak perempuan dan empat anak laki-laki. Halima berusia 25 tahun dan menjalani proses operasi caesar pada hari Selasa (4/5/2021).

Dia harus dikirim ke Maroko agar mendapatkan perawatan khusus karena terbatasnya fasilitas kesehatan di Mali. Pemerintah Mali meminta Halima dikirim ke Maroko. Mali merupakan salah satu negara termiskin di dunia.

AP melaporkan telah melihat beberapa bayi yang dilahirkan Halima nampak menggoyangkan tangan dan kaki mereka di dalam inkubator di klinik pribadi Ain Borja di Casablanca pada Rabu (5/5).

Staf medis di klinik tersebut memeriksa status mereka secara teratur di bangsal neonatal yang dihiasi karakter kartun.

Halima sebelumnya tahu dia mengandung 7 bayi kembar. Direktur klinik Casablanca Youssef Alaoui mengatakan kepada TV pemerintah Maroko bahwa mereka telah dihubungi oleh dokter di Mali tentang kasus ini satu setengah bulan yang lalu. Mereka tidak mengira ada sembilan bayi, katanya.

Halima melahirkan prematur pada usia 30 minggu dan sekarang dalam kondisi stabil setelah mengalami pendarahan hebat sehingga dia diberi transfusi darah, katanya.

Operasi caesar diperintahkan setelah Halima mengalami “sakit melahirkan,” kata Alaoui, direktur klinik. Berat bayi antara 500 gram dan satu kilogram (1,1 dan 2,2 pon).

Guinness Book of World Records mengatakan dalam email kepada AP pada hari Rabu bahwa rekor saat ini untuk sebagian besar kelahiran kembar sekaligus adalah delapan bayi, dan itu memverifikasi rekor baru yang dibuat Halima di Maroko.

Pemegang rekor Guinness saat ini adalah warga Amerika Nadya Suleman, yang melahirkan delapan anak prematur tetapi sehat pada tahun 2009.

Alaoui, direktur klinik, mengatakan kepada AP bahwa sejauh yang dia ketahui Halima tidak menggunakan perawatan kesuburan. Kementerian kesehatan Mali tidak memberikan informasi lain tentang kehamilan atau kelahiran.

Yacoub Khalaf, seorang profesor kedokteran reproduksi di King’s College London, mengatakan bahwa kelahiran seperti itu sangat tidak mungkin tanpa perawatan kesuburan, dan mencatat bahaya yang terlibat dengan kelahiran ganda semacam itu.

Sang ibu “sangat berisiko kehilangan rahim atau kehilangan nyawanya,” katanya. Bayi-bayi itu “bisa menderita cacat fisik dan mental. Risiko cerebral palsy secara astronomis lebih tinggi.”

Dia mendorong lebih banyak kesadaran di seluruh dunia tentang pemantauan perawatan kesuburan dan tentang risiko dan biaya memiliki begitu banyak bayi prematur pada satu waktu.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com