ZONAUTARA.com – Panitia penyelenggara Salat Idulfitri 1442 Hijriah di Masjid Ar-Rayyan, Kelurahan Mongkonai Barat, Kota Kotamobagu mewajibkan jamaah yang datang salat Ied, Kamis (13/5/2021) harus taat protokol kesehatan dengan menggunakan masker.

Salat yang digelar tepat pukul 07.00 WITA itu terlaksana sebagaimana aturan pemerintah, tentang tata cara pelaksanaan ibadah di rumah-rumah ibadah.

Tak main-main, panitia di Masjid Ar-Rayyan juga menyiapkan tempat khusus bagi jamaah yang tidak mengikuti anjuran soal penggunaan masker. Sebuah lokasi khusus yang terpisah dengan jemaah lainnya disediakan jauh-jauh hari.

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk penyadaran masyarakat, efek jera, dan upaya untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid-19.

“Bagi jemaah yang tidak menggunakan masker, jangan bergabung. Karena sudah dianjurkan bahkan ditekankan jauh sebelum pelaksanaan salat Ied, tapi tetap tidak menggunakan masker, jadi silahkan ke tempat yang telah disediakan oleh panitia,” imbau panitia sebelum salat dimulai.

Sementara itu, Wahyuda Mamonto, salah satu jemaah mengatakan, tidak keberatan dengan aturan dari petugas masjid.

“Itu bagus, agar jemaah tidak abai. Jangan sampai hanya karena satu atau beberapa orang saja akhirnya semua kena imbas,” kata Wahyuda.