ZONAUTARA.COM – Umat muslim di Kelurahan Motoboi Kecil, Kota Kotamobagu yang menggelar Salat Idulfitri 1442 Hijriah di lapangan yang ada di kelurahan mereka diminta tetap menaati protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran Covid-19.

Setiap jemaah yang memasuki lokasi salat, diminta untuk tidak datang berkerumun, menggunakan masker serta sebisa mungkin sudah mencuci tangan terlebih dahulu.

Saat salat, khatib, Jufri Lobangon, dalam khotbahnya yang berjudul Membina Silaturahmi dengan Kesederhanaan yang Berkualitas mengatakan sudah seharusnya umat muslim membiasakan hidup sederhana dan berbagi pada masa pandemi Covid-19.

“Pada situasi Covid-19 seperti ini, sangat dianjurkan bagi umat untuk berbagi kebahagian. Sebab, tidak semua orang memiliki kemampuan ekonomi yang sama. Kita telah merasakan bagaimana beratnya menahan lapar saat puasa, begitu pula kebanyakan saudara kita, yang jangankan beli baju lebaran, beli beras saja tidak bisa,” kata Jufri, Kamis, (13/05/2021).

Selain itu, Jufri juga meminta agar umat muslim bisa bekerja sama dan mengikuti anjuran pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19.

“Mungkin kita sedih, jika tahun lalu hanya dianjurkan tidak mudik, tahun ini pemerintah telah melarang. Kita tidak bisa bertemu sanak saudara di kampung, tapi seharusnya bersyukur bisa silaturahmi lewat virtual, itu lebih baik daripada saudara kita yang keluarganya telah meninggal selama-lamanya karena Covid-19. Olehnya, mari kita sama-sama berjuang bersama pemerintah dalam menghadapi Covid-19, kita dukung dan doakan agar pemerintah selalu diberi kesehatan dan kekuatan dalam memimpin kita umat untuk keluar dari pandemi,” imbau Jufri.

Shalat Ied yang diikuti lebih dari seribu orang itu berlangsung dengan tertib.