Tes acak Covid-19 akan diberlakukan bagi orang yang masuk Jakarta usai Lebaran

  • Share
Jakarta
Foto: Pixabay.com/Sopa Sopian

ZONAUTARA.com – Siapapun yang akan masuk ke Jakarta usai Lebaran siap-siapa mendapat giliran tes Covid-19. Tes itu akan dilakukan secara acak oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan hal tersebut. Menurut Anies tes acak akan dilakukan sebanyak dua kali, saat masuk dan saat sudah berada di tempat tujuan.

“Pertama adalah melakukan skrining di pintu-pintu masuk menuju Jakarta di Jabodetabek. Untuk kendaraan pribadi nanti akan dilakukan skrining random bagi mereka yang masuk,” kata Anies di Balai Kota pada Jumat (14/5/2021).

Sementara untuk pengguna transportasi umum, baik udara, laut, darat dan kereta api menurut Anies lebih mudah diawasi karena wajib tes Covid-19 sebelum berangkat ke Jakarta.

Setelah diperiksa di perjalanan, mereka yang dinyatakan boleh masuk Jakarta tetap akan diperiksa lagi ketika sampai di tujuan.

Anies memerintahkan, gugus tugas RT/RW yang dikoordinasi oleh camat, lurah, babinkamtibmas, babinsa akan bersama-bersama mendata setiap warga yang baru masuk Jakarta setelah lebaran.

“Jadi Ketua RT/RW, gugus tugasnya akan melakukan monitoring sehingga seluruh warga yang datang akan dilakukan pemantauan, dicek kondisinya, dipastikan bahwa yang bersangkutan sehat, yang bersangkutan tidak bergejala. Dan akan dilakukan tes rapid antigen,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga akan memperbanyak titik tes Covid-19 acak sepanjang jalur darat menuju Jakarta.

Antara lain di sekitar Karawang tepatnya di Jembatan Timbang Balonggandu, Pos Tegal Bubuk Susulan dari arah Palimanan ke Jatibarang serta yang datang dari Indramayu ke arah Jatibarang.  

Sedangkan untuk kendaraan pribadi di jalan tol juga dilakukan testing pada 21 titik yang terbagi di 13 rest area dan 5 di gerbang utama pintu tol mulai dari pintu tol Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat. Termasuk juga yang datang dari arah Merak pada 2 titik yakni di rest area.


  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com