ZONAUTARA.com – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Pemkab Bolmut) telah menerima surat keputusan Menpan-RB nomor 379 tahun 2021, tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Di Lingkungan Pemkab Bolmut.

Dalam surat keputusan tersebut terdapat kuota guru khusus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sebanyak 285 formasi.

Selain formasi guru PPPK, ada pula kuota tenaga kesehatan sebanyak 163 formasi dan tenaga teknis ada 128 formasi.

Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Bolmut, Khristanto Nani mengatakan total ada 576 formasi dalam seleksi ASN di Bolmut tahun ini sudah termasuk PPPK.

Khristanto mengatakan pihaknya saat ini masih menunggu alur sistem rekrutmen PPPK.

“Karena hal ini baru dalam seleksi, tetapi yang pasti harus terdaftar dalam Dapodik,” jelas Khristanto, Senin (17/5/2021).

Sebelumnya dikutip dari detik.com Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PAN RB Katmoko Ari Sambodo menyebutkan, bahwa PPPK didesain untuk mereka yang memiliki pengalaman di bidang kerja yang relevan dengan jabatan yang dilamar minimal tiga tahun.

Hal tersebut diutarakan Katmoko dalam Rapat Virtual Persiapan Pengadaan CASN Tahun 2021 di Pemerintah Daerah, 6 Mei 2021 lalu. Adapun kuota formasi PPPK Guru untuk tahun ini se Indonesia sebanyak 1.002.616 formasi.

Katmoko juga menyebut seleksi PPPK Guru dapat diikuti guru honorer THK-II dan guru honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud.

Selain itu guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai guru di Dapodik Kemendikbud juga bisa mendaftar seleksi ASN 2021 PPPK guru. Kemudian kategori pendaftar terakhir yakni lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Tes PPPK guru akan dilaksanakan sebnayak tiga kali pada Agustus, Oktober, dan Desember 2021. Tes kompetensi PPPK guru 2021 akan terdiri dari tes kompetensi dan tes wawancara berbasis komputer. Tes kompetensi itu terdiri dari kompetensi teknis, manajerial, dan sosio kultural.

Lalu pada seleksi PPPK guru 2021, peserta akan diberikan tambahan nilai atau afirmasi pada penilaian kompetensi teknis dengan kriteria tertentu.

| Torangperberita.com




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id