Target vaksinasi Covid-19 di Sulut dipercepat

  • Share
Olly Dondokambey
Gubernur Sulut Olly Dondokambey. (Foto: TerasManado.com)

ZONAUTARA.com – Target vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat tengah dikebut oleh Pementah Propinsi (Pemprop) Sulawesi Utara (Sulut). Dari sebelumnya 1, 2 juta penduduk divaksin pada bulan Desember 2021, dimajukan ke bulan Oktober.

Gubernur Olly Dondokambey mengatakan bahwa,  target ini optimis dicapai karena sebelumnya target vaksinisasi per hari 10 ribu orang, kini sudah menyentuh 19 ribu.

“Karena dua minggu terakhir kita gencar melakukan vaksin, jadi target sebelumnya hanya 10 ribu, kini sudah mencapai 19 ribu,” ucap Gubernur kepada wartawan saat jeda Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDIP Sulut di hotel Luwansa, Manado, Senin (28/6/2021) siang.

Faktor lain yang dianggap akan mendukung target tersebut adalah instruksi kepada seluruh kepala daerah untuk memaksimalkan pelaksanaan vaksin.

Baca Pula:  Update Covid-19 di Indonesia per 17 Agustus: Kasus positif bertambah 20.741

“Ada instruksi kepada seluruh kader PDIP untuk melaksanakan vaksin. Dan kebetulan, kader-kader kita kini menduduki jabatan, baik sebagai Kepala Daerah, maupun Wakil Kepala Daerah di hampir seluruh wilayah di Sulut. Ini memudahkan, dan kami optimis target Herd Immunity di Sulut akan dicapai,” kata Gubernur.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjabarkan herd immunity adalah kekebalan kelompok sebagai perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika suatu populasi kebal baik melalui vaksinasi atau infeksi sebelumnya.

“Sebelumnya target kita pada Desember nanti. Tapi dengan gencarnya vaksinasi dilakukan, kita optimis Oktober nanti sudah Herd Immunity. Itu artinya, pada Desember nanti kita rayakan Natal karena sebagian besar kita sudah divaksin,” tandasnya.

Baca Pula:  Satgas Covid-19 ingatkan 5 wilayah non pulau Jawa-Bali untuk tidak lengah

Terkait dengan ketersediaan vaksin, baik Sinovac maupun Aztraseneca Gubernur menjamin aman karena di-support penuh oleh Pemerintah Pusat.

“Ketersediaan vaksin kita disupport dan dijamin Pemerintah Pusat,” tutup dia.

Pada acara Rakerda PDIP yang dihadiri Olly selaku Ketua DPD PDIP Sulut, ada sesi yang membahas soal bencana. Baik bencana alam, maupun bencana alam non bencana atau Covid-19. Dimana seluruh Kepala/Wakil Kepala Daerah dan Ketua/Wakil Ketua DPRD dari PDIP harus ikut mendukung vaksninasi bagi masyarakat Sulut. (YSL)

| TerasManado.com



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com