bar-merah

Guinness World Records catat pria tertua di dunia, berapa usianya?

Pria tertua di dunia
Emilio Flores Marquez memegang rekor sebagai pria tertua di dunia. (Foto: Explica.com)

ZONAUTARA.com – Emilio Flores Marquez dicatat sebagai pria tertua di dunia yang masih hidup. Rekor itu disematkan oleh Guinness World Records kepada pria asal Puerto Rico yang merupakan mantan petani.

Rekor itu diberikan kepada Marquez beberapa pekan menjelang ulang tahunnya yang ke-113.

Marquez lahir pada tanggal yang unik, 8 Agustus 1908, di Carolina, Puerto Rico. Saat Guinness World Rercords mengumumkan rekor itu pada Rabu (30/6/2021), saat itu dia berusia 112 tahun dan 326 hari.

Pria tertua di dunia ini merupakan anak kedua dari 11 bersaudara, biasa bekerja keras sejak kecil. Dia bertanggung jawab atas banyak pekerjaan rumah tangga dan membantu merawat adik-adiknya.

Marquez juga bertugas membantu ayahnya sebagai petani tebu, yang menjadi mata pencahariannya di kemudian hari.

“Saya yang tertua, jadi saya melakukan segalanya,” kata Marquez kepada Guinness World Records.

Marquez menikah dengan Andrea Perez selama 75 tahun sampai istrinya itu meninggal dunia pada 2010. Pasangan itu memiliki empat anak, lima cucu, dan lima cicit.

Marquez tinggal di Rio Piedras, Puerto Rico, bersama dua anaknya yang masih hidup, Tirsa dan Millito.

Marquez, sebagai pria tertua di dunia, dalam kondisi sehat. Dia juga masih bisa berjalan. hanya saja, Marquez kehilangan sebagian besar pendengarannya. Dia juga menjalani operasi untuk memasang alat pacu jantung saat berusia 101 tahun.

Apa rahasia lanjut usianya?

Keluarga Marquez atau yang akrab disapa Don Millo itu membeberkan kunci umur panjang orang tua mereka. Mereka menyebut bisa jadi kunci panjang umur Marquez adalah cinta dan menjalani hidup tanpa kemarahan.

“Ayah membesarkan kami dengan cinta, dia mencintai semua orang,” kata keluarga Marquez.

“Dia selalu menyuruh saya dan saudara-saudara saya untuk berbuat baik, berbagi segalanya dengan orang lain,” dia menambahkan.

Pria tertua yang diakui oleh Guinness World Records sebelumnya adalah Dumitru Comanescu dari Rumania. Dia meninggal pada 27 Juni 2020, kurang dari sebulan setelah menerima rekor, pada usia 111 tahun 219 hari.

Setelah kematiannya, Guinness World Records mendapatkan Marquez, yang lahir tiga bulan lebih awal dari Comanescu.

Orang tertua yang masih hidup di Bumi adalah Kane Takana yang berusia 118 tahun, yang tinggal di panti jompo di Fukuoka, Jepang.

Sementara itu, rekor manusia tertua dipegang oleh Jeanne Louise Calment, seorang wanita Prancis yang meninggal pada usia 122 tahun.

| Detik.com



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com