bar-merah

Merasakan kram saat haid?, lakukan tips berikut

nyeri haid
Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.com – Kaum perempuan kebanyakan merasakan kram akibat dari hormon yang dilepas tubuh di waktu haid. Kondisi ini disebut prostaglandin. Hormon ini mengakibatkan kontraksi rahim dan berasosiasi dengan rasa sakit dan peradangan.

Menurut penjelasan ahli ginekologi Kelly Copeland, kram umumnya terjadi pada perempuan yang sedang mengalami menstruasi, yang dapat mengganggu aktifitas sehari-hari.

Untungnya, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan untuk meminimalisir pengalaman ini:

Tetap terhidrasi

Asupan air yang cukup dapat meminimalisir rasa tidak nyaman di perut, hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan gelas atau botol minum di dekat meja kerja.

Copeland menjelaskan bahwa hidrasi membantu menjaga otot tubuh (termasuk rahim) dari kram. Sebagai tambahan, hidrasi menjaga pencernaan bergerak teratur untuk menghindari rasa tidak nyaman tambahan pada perut bagian bawah selama haid.

Jika biasanya Anda minum 8 gelas air per hari, coba tambah jadi 9 gelas untuk mendapatkan manfaat ekstra.

Kompres hangat

Untuk pertolongan yang bersifat segera, Anda bisa mengandalkan kompres hangat. Sebagaimana dilansir Greatist, kompres hangat sederhana bisa menggunakan botol kaca berisi air hangat, bantal pemanas atau plester hangat yang biasa ditemukan di pasaran.

Jika jam kerja berakhir, Anda sebaiknya mandi atau berendam air hangat agar tubuh lebih rileks dan rasa sakit berkurang.

Memijat perut dengan minyak esensial

Metode pijat bisa meringankan rasa tidak nyaman dan meredakan kram. Pijat sebaiknya dilakukan sembari mengoleskan minyak esensial pada perut.

Menurut Healthline, beberapa jenis minyak esensial terbukti efektif mengurangi kram akibat haid seperti lavender, mawar, kayu manis dan cengkeh.

Jika minyak esensial masih murni, sebaiknya campur terlebih dahulu dengan minyak kelapa atau minyak zaitun sebagai pengencer.

Gerakkan tubuh

Gerakan intens dari olahraga ringan diklaim dapat meredakan kram. Ann Roberts, kepala staf di aplikasi Flo berkata olahraga membantu tubuh melepas endorfin yang punya peran besar dalam mengurangi rasa sakit.

Sisakan sedikit waktu untuk melakukan olahraga ringan di sela-sela aktivitasmu.

Menu makan siang yang tepat

Konsumsi makanan yang mengandung antiinflamasi. Copeland menyarankan menu salmon atau ikan kaya lemak sehat, sayuran hijau dan segelas air kunyit.

Hindari sementara makanan yang dapat memperparah rasa sakit seperti karbohidrat olahan (pasta, roti putih, permen) dan makanan tinggi lemak jenuh (gorengan) dan daging.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com