ZONAUTARA.com – Garam merupakan bahan makanan yang mengandung sodium dan klorida, kedua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, yakni menjaga keseimbangan air dan mineral serta menunjang kinerja otot.

Namun, segala hal yang dikonsumsi dalam jumlah melebihi batas wajar akan menimbulkan hal yang buruk. Termasuk garam.

Garam jika dikonsumsi berlebihan akan menghasilkan dampak buruk, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut beberapa dampak yang bisa diakibatkan oleh konsumsi garam berlebih:

  • Banyak berkeringat

Konsumsi garam melebihi batas wajar akan mengakibatkan perut terasa penuh dan begah. Hal tersebut terjadi karena ginjal berusaha mengolah ekstra sodium menjadi air.

Sehingga proses ini akan menghasilkan efek berkeringat dalam jumlah yang lebih banyak dari biasanya. Biasanya, hal ini ditandai dengan telapak tangan yang mudah berkeringat.

  • Tekanan darah naik

Sudah bukan rahasia jika konsumsi garam berlebih akan menaikkan tekanan darah, sebab kandungan garam dapat menyebabkan aliran darah menjadi besar dan deras di dalam arteri. Hal ini tidak selalu terjadi pada semua orang.

  • Rasa haus yang terus-menerus

Sodium dan klorida yang dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan mulut kering dan cepat haus, hal ini terjadi secara natural karena tubuh sedang berusaha menyeimbangkan kandungan sodium dan air.

Jika kita tetap tidak minum dan menghiraukan tuntutan natural ini, tubuh akan kelebihan sodium dan mengalami gangguan metabolisme yang bernama hypernatremia.

Gangguan ini biasanya muncul dengan indikasi berupa rasa letih yang tak kunjung hilang, kesulitan bernapas, gangguan tidur, dan gangguan buang air kecil.





=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id