ZONAUTARA.com – Lonjakan kasus akibat Covid-19 varian delta sedang terjadi di Indonesia saat ini dan memberi dampak ke berbagai sektor, termasuk tenaga medis yang mulai kewalahan dan kesulitan dalam menghadapinya. Sedangkan perekonomian juga semakin terpuruk akibat PPKM.

Hal tersebut disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan saat menanggapi pertanyaan apakah PPKM akan diperpanjang atau tidak.

Luhut memaparkan bahwa PPKM memberikan dampak pada penanganan angka perkembangan Covid-19.

Menurut data terjadi penurunan aktivitas masyarakat di Yogyakarta dan Bali pada malam hari, meski varian delta yang memang lebih mudah menular masih sulit diatasi.

Kendati demikian Luhut masih belum bisa memastikan apakah PPKM akan diperpanjang, sebab melihat kondisi perekonomian yang juga semakin memburuk.

“Saya kira ini begini, kasus meroket ini sudah kita duga juga mungkin terjadi, tapi tidak kita duga secepat ini,” papar Luhut.

Luhut menyampaikan akan menghitung dan mengamati kembali guna mempertimbangkan keputusan mengenai PPKM.

“Saya janji pada Presiden besok atau nanti sore akan segera kami laporkan cara yang akan kita lakukan ke depan dengan data yang ada,” lanjut dia.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id