ZONAUTARA.com – Mengumpan dalam sepakbola adalah teknik memberikan bola kepada teman dalam satu tim dengan tujuan mempertahankan penguasaan bola.

Terdapat empat jenis umpan atau passing dalam permainan sepak bola, diantaranya adalah umpan pendek, umpan panjang, umpan satu-dua sentuhan dan juga umpan terobosan.

Hal tersebut berdasarkan modul terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berjudul Aksi Cerdas Mencetak Gol.

Buku yang terbit pada tahun 2017 ini menjelaskan bahwa umpan satu-dua merupakan teknik yang paling sering dilakukan dalam sepak bola. Buku ini juga menekankan bahwa mengumpan atau passing merupakan teknik dasar yang harus dipahami dalam bermain sepak bola.

Gerakan umpan satu-dua dilakukan oleh dua pemain untuk melewati pemain dari tim lawan. Dengan kata lain, teknik permainan sepak bola yang dilakukan oleh dua orang disebut dengan umpan satu-dua.

Jenis mengumpan yang paling digandrungi ini dilakukan di antara pemain lawan. Biasanya, hal ini sering dilakukan saat berada dalam posisi dua lawan satu (2v1) dengan pemain lawan.

Pergerakan bola dalam teknik mengumpan ini akan membentuk pola segitiga. Cara melakukan umpan model ini adalah dengan pemain pertama pembawa bola berlari ke arah depan.

Kemudian, saat berhadapan dengan pemain lawan, bola dioper menuju pemain kedua. Lalu pemain pertama melanjutkan larinya menjauhi lawan. Terakhir, pemain dua mengumpan bola kembali menuju pemain pertama.



=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id