bar-merah

Fasilitas kesehatan di Indonesia mencapai titik yang mengkhawatirkan

Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Kondisi penanganan Covid-19 di Indonesia sudah mencapai tahap benar-benar mengkhawatirkan. Saat ini bahkan dihadapkan dengan functional collapse, bukan lagi structural collapse.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Adib Khumaidi.

Adib Khumaidi kembali mengingatkan bahwa lonjakan Covid-19 saat ini sudah sangat membebani sistem kesehatan. Fasilitas-fasilitas mencapai titik functional collapse.

Dalam konferensi pers PERSI, Jumat (16/3), Adib menyampaikan bahwa memang IGD masih ada, penambahan tenda juga bisa, penambahan tempat tidur, dan lain-lain. Namun secara functional telah mencapai titik collapse, dalam konteks SDM, alat kesehatan, oksigen, obat dan lain sebagainya.

Bukan hanya tenaga kesehatan yang mulai terbatas, pasokan obat dan alat kesehatan juga harus ditambah. Menurutnya, tidak cukup jika hanya tempat tidur yang diperbanyak.

Selain itu, regulasi juga harus cepat menyesuaikan kondisi perkembangan kasus Covid-19. Jumlah kasus yang terus meningkat menyebabkan para tenaga kesehatan kelelahan.

“Dalam kondisi seperti saat ini harus ada regulasi yang cepat,” pungkas dr Adib.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com