Covid-19 di Indonesia terus meroket, WNA amankan diri

  • Share
Sumber : Pixabay

ZONAUTARA.com – Lonjakan kasus Covid-19 yang tak kunjung mereda di Indonesia menjadi alasan terbesar fenomena warga negara asing (WNA) berbondong-bondong meninggalkan Indonesia pulang menuju negaranya masing-masing.

Pasalnya, kasus Covid-19 di Indonesia sejak Sabtu kemarin bertambah sebanyak 56.757 pasien, sehingga total akumulasi penduduk positif Covid-19 menjadi 2.726.803 orang.

Salah satu warga negara yang memutuskan untuk kembali ke negaranya adalah Jepang. Mereka bahkan mencarter pesawat komersil untuk mengantarkan menuju negaranya. Berikut fakta-fakta yang dirangkum dari CNBC, Minggu (18/7).

1. Jepang

Rencana kepulangan ini diawali oleh laporan perusahaan Jepang yang memulangkan kembali karyawannya ke Negeri Sakura. Dikutip dari NHK, pegawai dan anggota keluarga sejumlah perusahaan dievakuasi karena instruksi kantor pusat di Negeri Sakura.

“Satu perusahaan akan menerbangkan pesawat sewaan pada Rabu untuk mengevakuasi karyawan dan anggota keluarga mereka dari Indonesia,” tulis media itu Selasa (13/7).

Seorang warga bernama Okutsu So yang bekerja di kantor logistik Jepang di Jakarta juga membenarkan ini. Ia mengatakan akan lebih banyak orang dari Jakarta sebagai tanggapan instruksi kantor pusat mereka.

Baca Pula:  8 tips hindari virus saat berbelanja di pasar dan supermarket

Dalam konferensi pers yang dimuat Nikkei Asia Selasa malam, Menteri Sekretariat Kabinet Jepang Katsunobu Kato mengatakan pemerintah akan mendukung kembalinya warga dari Indonesia. Dia menjelaskan maskapai komersial Jepang akan mengoperasikan penerbangan khusus Rabu (14/7).

“Dari sudut pandang melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil tindakan, sehingga warga Jepang yang ingin kembali dapat kembali ke Jepang sesegera mungkin dan sebanyak mungkin,” ujarnya.

Menurut Kedutaan Jepang di Indonesia, kepulangan WN Jepang pada Rabu pagi menggunakan penerbangan charter merupakan keputusan perusahaan Jepang yang mempekerjakan mereka di Indonesia.

“Penerbangan yang dilakukan tadi pagi terlaksana atas inisiatif dari perusahaan swasta Jepang dan bukan usaha evakuasi maupun repatriasi dari Pemerintah Jepang,” tulis pernyataan itu.

Tak lama setelah itu, sebuah pesawat All Nippon Airways yang disewa oleh perusahaan Shimizu mendarat di Bandara Narita, Tokyo dari Jakarta. Pesawat itu membawa 50 orang karyawan perusahaan yang memutuskan diri untuk pulang ke Jepang.

Baca Pula:  Hari terakhir, akankah PPKM kembali diperpanjang?

2. Taiwan

Warga Taiwan juga dilaporkan akan meninggalkan Indonesia. Sebagaimana dimuat media Focus Taiwan, setidaknya sudah 90 orang lebih pebisnis dan ekspatriat dari negeri itu berencana kembali ke Formosa.

Mereka disebut akan terbang dengan charter pesawat 28 Juli. Warga akan kembali ke Taiwan dengan pesawat Batik Air.

Perwakilan Ekonomi dan Dagang Taiwan (TETO) di Jakarta menyatakan bahwa langkah ini diambil para pengusaha dan ekspatriat Taiwan setelah kantor itu mengeluarkan “rencana tanggap darurat”. Ini sebelumnya diusulkan oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan.

“Saat ini penerbangan langsung antara Taiwan dan Indonesia dihentikan sementara dan TETO membantu memberikan informasi transit pesawat kepada warga Taiwan yang menghubungi kami,” ujar perwakilan Taiwan Indonesia dalam sebuah pernyataan yang diterima CNBC Indonesia, Kamis (15/7).

Berdasarkan data dari 6 hingga 12 Juli, ada 72 warga Taiwan terinfeksi Covid-19 di Indonesia. Sebanyak 10 orang telah pulih sementara empat meninggal dunia.

Negara selanjutnya ada Vietnam, baca di halaman berikutnya.



  • Share

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com