ZONAUTARA.COM – Sebuah artikel dalam surat kabar Amerika Serikat The New York Times berjudul The Pandemic has a New Epicenter: Indonesia, mengupas mengenai lonjakan kasus dan kematian Covid-19 di Indonesia.

Artikel tersebut menyebutkan bahwa saat ini lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia telah melebihi India dan Brasil. Kondisi ini menurut artikel tersebut menjadikan Indonesia sebagai pusat penularan Covid-19 di dunia.

“Lonjakan Covid-19 saat ini adalah bagian dari gelombang di seluruh Asia Tenggara yang memiliki tingkat vaksinasi rendah. Meski begitu, sampai saat ini mereka masih mengendalikan virus corona dengan cara yang relatif baik,” bunyi laporan The New York Times.

Tak hanya surat kabar The New York Times, portal berita AS, CNN, juga melaporkan hal serupa. Indonesia disebut sedang menghadapi tren lonjakan Covid-19 melebihi India.

Akibat gelombang baru tersebut, India kini menjadi negara kedua dengan kasus Covid-19 dan jumlah kematian tertinggi di dunia setelah Amerika Serikat.

Sejumlah ahli menganggap saat ini Indonesia tengah menanggung dampak karena tidak menerapkan penguncian wilayah atau lockdown lebih awal.

Beberapa media asing seperti portal berita Nikkei Asia, Bloomberg, hingga ABC News dari Australia, turut melaporkan isu serupa di mana Indonesia diprediksi akan menjadi episentrum penularan corona di dunia jika lonjakan Covid-19 harian tidak segera menurun.

Beberapa negara tetangga bahkan telah merencanakan akan mengevakuasi warganya dari Indonesia.

Jepang salah satunya, baru-baru ini dikabarkan menyewa pesawat carteran untuk memulangkan warganya.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id