bar-merah

Indonesia larang warga asing masuk selama PPKM level 3 dan 4

Sumber : Pexels

ZONAUTARA.COM – Pemerintah kini melarang Warga Negara Asing (WNA) masuk ke Indonesia sebagaimana diatur melalui Permenkumham Nomor 27 Tahun 2021. Larangan bagi WNA masuk ke Indonesiaini berlaku selama selama PPKM Level 3 dan Level 4.

Kebijakan tersebut disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly, Rabu (21/7) kemarin. Hal tersebut dimaksudkan untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

Merujuk pada yang disampaikan Yasonna, hanya lima kategori warga asing yang boleh masuk ke Indonesia, diantaranya:

  • Pemegang visa diplomatik dan visa dinas.
  • Pemegang izin tinggal diplomatik dan izin tinggal dinas.
  • Pemegang izin tinggal terbatas dan izin tinggal tetap.
  • Orang asing dengan tujuan kesehatan dan kemanusiaan, misal dokter untuk menangani Covid-19.
  • Petugas kemanusiaan, misal awak alat angkut yang datang dengan alat angkutnya.

“Pekerja asing yang dikecualikan pun harus mendapatkan rekomendasi dari kementerian/lembaga terkait. Selain itu, mereka yang dibolehkan masuk harus mengikuti protokol kesehatan, seperti sudah divaksinasi, serta mengikuti tes swab PCR, baik saat datang maupun sebelum selesai karantina,” kata Yasonna dalam keterangan pers.

“Dengan demikian, tenaga kerja asing yang sebelumnya datang sebagai bagian dari proyek strategis nasional atau dengan alasan penyatuan keluarga kini tak bisa lagi masuk ke Indonesia sebagaimana diatur dalam peraturan ini.

Perluasan pembatasan orang asing yang masuk ke Indonesia ini dilakukan dalam rangka menekan penyebaran COVID-19.

Yasonna sekaligus menyebut ada transisi selama dua hari untuk aturan larangan WNA masuk RI itu.

“Mengapa transisi dua hari? Karena baru hari ini kami umumkan, tentu tidak fair ada orang sedang proses terbang, tidak mungkin langsung kita deportasi,” kata Yasonna.

Yasonna mengatakan setiap kebijakan yang berurusan dengan kedatangan orang asing membutuhkan jeda waktu. Ia mengatakan telah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Selain itu, Yasonna juga memastikan kebijakan tersebut bisa diterapkan dengan ketat sehingga maksud yang ditujukan bisa tercapai.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com