bar-merah

Penanganan kasus Covid-19 di beberapa pabrik dapat jadi model

Luhut Pandjaitan
Sumber : Twitter @kemenkomarves

ZONAUTARA.COM – Penurunan penyebaran kasus positif Covid-19 di wilayah DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur kini mulai signifikan. Meski demikian kasus kematian masih sangat mengkhawatirkan.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan.

Dalam keterangan tertulis pada Sabtu (24/7), Luhut meminta laporan khusus penyebab tingginya angka kematian beserta usulan upaya penurunan di beberapa daerah seperti Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Luhut juga memaparkan langkah mitigasi yang diterapkan di salah satu pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah. Bagi Luhut, upaya tersebut dapat ditiru untuk diterapkan di wilayah lain.

“Mungkin apa yang dilakukan di pabrik itu bisa jadi model, dimana industri sudah jalan dua shift tapi protokol kesehatan tetap dijalankan,” jelasnya.

Selain itu, dia turut berkaca pada upaya penurunan kasus Covid-19 di kawasan industri. Mengacu pada laporan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, pihak industri saat ini diwajibkan untuk melakukan pelaporan berkala terkait penerapan protokol kesehatan, jika tidak maka akan dikenai sanksi administrasi.

Untuk kawasan industri, penerapan protokol kesehatan yang wajib dimiliki adalah adanya Satgas Covid, tersedianya fasilitas dan tenaga kesehatan di tempat kerja, menyusun panduan kedatangan dan kepulangan pegawai, pengaturan shift dan aktivitas lain yang mengakibatkan kerumunan, serta melarang pekerja sakit untuk bekerja.

Luhut kemudian meminta siapa saja yang sakit langsung melakukan tes, sehingga dapat terdeteksi sedini mungkin.

“Kalau ada pekerja yang ada indikasi juga, langsung dilakukan pengecekan aja,” tandas Menko Luhut.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com