bar-merah

Atasi gatal alergi dengan 5 bahan alami ini

ZONAUTARA.com – Memiliki permasalahan di kulit tubuh seperti gatal karena alergi bisa dialami oleh siapa saja. Reaksi gatal alergi bisa terjadi pada setiap orang dengan berbagai reaksi, mulai dari alergi ringan, hingga alergi berat yang membutuhkan penanganan medis lebih serius.

Penyebab gatal alergi ini beragam, bisa karena produk kosmetik yang tidak cocok, pewarna rambut, perhiasan yang terbuat dari nikel, detergen, hingga makanan yang dikonsumsi.

Ada cara alami yang bisa anda lakukan untuk menangani gatal alergi yang datang tiba-tiba, terlebih jika di rumah tidak ada krim penghilang rasa gatal karena alergi. Cara ini aman dan minim efek samping, karena berasal dari bahan alami yang anda gunakan sehari-hari.

  1. Es batu

Suhu dingin dari es batu dapat dengan cepat memberi efek menenangkan pada kulit yang mengalami alergi ringan. Bahan ini selalu anda konsumsi setiap hari, jadi tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkannya.

  1. Mentimun

Metimun memiliki kandungan astringent yang bisa membantu berbagai masalah kulit, termasuk meredakan rasa gatal hingga peradangan pada kulit.

  1. Lidah Buaya

Manfaat Lidah Buaya tidak perlu diragukan lagi khasiatnya. Lidah Buaya sudah banyak digunakan sebagai bahan kosmetik yang berfungsi meredakan rasa gatal, kemerahan, hingga peradangan pada kulit secara alami.

  1. Minyak Kelapa

Kandungan anti bakteri dan anti jamur pada minyak kelapa dapat mengurangi alergi pada kulit yang kemerahan dan gatal, hanya dengan mengoleskan minyak kelapa langsung pada permukaan kulit.

  1. Daun Salam

Anda bisa menggunakan daun salam sebagai pereda alergi secara alami, dengan cara mengoleskan daun salam yang telah dihaluskan dengan sedikit air di permukaan kulit yang gatal, dan diamkan selama 15 menit, kemudian dibilas dengan ait bersih.

Beberapa bahan alami di atas bisa anda coba gunakan jika mengalami gejala alergi yang ringan, namun jika alergi tidak kunjung membaik, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih serius.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com