ZONAUTARA.com – Setelah sukses dengan Roadshow di UNIMA beberapa waktu lalu, Regional Officer Manado Gerakan Nasional 1000 Startup Digital bersiap untuk roadshow yang tidak kalah besar. Roadshowitu diawali dengan Fokus Grup Discussion (FGD) melalui Google meet yang berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Bitung dan Komunitas se Kota Bitung pada Jumat (23/7/2021) pekan lalu.

Adapun tema yang diusung adalah “Solusi Komunitas Untuk Kota Bitung”. FGD berlangsung menarik yang memunculkan banyak ide baru.

Kepala Dinas KOMINFO Kota Bitung, Franky Sondakh, SE.,Ak.,M.Si turut hadir dalam FGD tersebut, mewakili Wali Kota Bitung, sebagai bentuk dukungan penuh terhadap kegiatan tersebut.

Sondakh dalam sambutannya menyampaikan bahwa penggunaan media digital sangat bermanfaat apalagi di tengah situasi pandemi seperti ini. Dirinya juga berharap agar para peserta dapat memberikan pemikiran yang konstruksif dan sinkron dengan program startup yang dapat membangun kota Bitung, bahkan dapat berkontribusi dalam pembangunan digital Indonesia.

Dalam Focus Grup Discussion tersebut, selain menjelaskan overview startup digital, Regional Officer, Lady Giroth juga membocorkan jadwal roadshow untuk Bitung yang akan diadakan dalam waktu dekat. Lady juga mengajak peserta yang merupakan komunitas-komunitas di Kota Bitung agar dapat melihat tantangan-tantangan yang ada di Kota Bitung sehingga dapat menemukan solusinya melalui startup digital.

FGD itu dihadiri sekitar 50 orang perwakilan dari berbagai komunitas yang ada di Bitung. Sesi diskusi berlangsung komunikatif.

Salah peserta FGD, Stanley Karouw yang adalah staff khusus bidang digitalisasi Pemkot Bitung, berbagi pengalamannya yang dimulai dari ide sederhana, hingga menjadi suatu startup, yaitu aplikasi yang bisa menghitung berapa valuasi dari nilai project IT yang akan dikerjakan oleh suatu OPD.

Stanley menjelaskan bahwa pihaknya membangun startup ini cukup lama dari tahun 2003 hingga 2009.

Selain Stanley, ada pula Geraldi Mantiri dari Karang Taruna Bitung yang menekankan bahwa salah satu poin yang harus diperhatikan di Kota Bitung adalah sumber daya manusia, yang menurutnya bisa digejot melalui pelatihan-pelatihan di berbagai bidang termasuk bidang startup.

Jaringan Muda Mudi Bitung yang dihadiri langsung oleh Founder Combyan Lombongbitung juga menyampaikan aspirasinya terkait mendorong lahirnya startup di daerah di masa pandemi. Menurutnya dalam kondisi pandemi seperti ini kita perlu lebih kreatif menciptakan startup dalam waktu yang singkat, tapi harus benar-benar matang, yang bisa dikerjakan secara kolaboratif, sehingga akan ada gerakan dinamis yang dapat menjadi melahirkan berbagai inovasi. 

Stanley Karouw menyatakan bahwa Wali Kota Bitung mendukung program nasional 1000 startup digital ini, dan akan diberi perhatian secara khusus melalui anggaran APBD Perubahan, sembari menyemangati seluruh peserta untuk ikut dalam Roadshow Bitung nanti.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id