bar-merah

Presiden Jokowi: ASN harus layani masyarakat

Sumber : Tangkapan layar kanal YouTube Sekretariat Presiden

ZONAUTARA.COM – Setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki orientasi yang sama dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. ASN bukan pejabat yang jutru meminta untuk dilayani.

Hal tersebut disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia menegaskan bahwa ASN harus bekerja melayani masyarakat. bukan lagi seperti pejabat di era kolonial yang minta dilayani.

“Itu tidak boleh lagi, bukan zamannya lagi,” tambah Jokowi dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (27/7).

Pada kesempatan tersebut, Presiden mengingatkan ASN untuk memiliki jiwa membantu dan melayani masyarakat. Hal tersebut merupakan tujuan dari kepemilikan kewenangan dan sumber daya oleh negara kepada ASN.

Menurutnya, otoritas dan sumber daya ini yang harus digunakan secara akuntabel, dengan loyalitas tinggi terhadap pemerintah, bangsa, dan negara, serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

Lebih lanjut, Jokowi menegaskan setiap ASN yang bertugas di manapun harus memegang teguh nilai-nilai dasar yang sama. Baik itu pegawai BUMN, ASN pusat dan daerah, maupun ASN yang berprofesi sebagai dosen, guru, jaksa, dokter, perawat, hingga Satpol PP.

Di sisi lain, Jokowi juga menyebut para ASN harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi dengan perubahan dunia yang penuh disrupsi.

“Sebab banyak sekali masalah yang tidak bisa dipecahkan oleh satu dinas, satu daerah, satu kementerian/lembaga maupun satu keahlian atau satu disiplin ilmu,” ujarnya.

Menurutnya, kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting. Jokowi menyebut semua masalah yang muncul selalu lintas sektor dan lintas disiplin.

Sedang saat ini, lanjut Jokowi, dunia serba hybrid dan kolaboratif. Jangan lagi ada ego baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com