bar-merah

Musim panas ekstrem, Turki dilanda kebakaran hutan

Ilustrasi dari Pexels.com

ZONAUTARA.COM – Beberapa kawasan wisata populer di Turki dilalap habis oleh api. Kebakaran tersebut dikarenakan saat ini Turki sedang dilanda cuaca panas ekstrem dengan intensitas panas empat kali lebih tinggi daripada sebelumnya.

Hal tersebut berdasarkan pada catatan data satelit pemerintah Turki.

The Guardian merilis, setidaknya ada 4 orang yang tewas akibat kebakaran tersebut. Ribuan wisatawan di kawasan Antalya dan Mula juga dievakuasi melalui perairan menggunakan perahu.

Puluhan titik api tersebar di seluruh hutan. Kebakaran tersebut dipicu oleh suhu di Turki yang mencapai 49,1 Celcius.

ZONAUTARA.com
Ilustrasi dari Pexels.com

Setelah gelombang panas mematikan di Amerika, banjir di Eropa dan China, dan kebakaran di Siberia, adegan kehancuran di Turki menambah kekhawatiran tentang meningkatnya keganasan cuaca ekstrem di dunia akibat gangguan iklim.

Media lokal mempublikasikan foto-foto resor laut Aegea populer yang dikelilingi oleh lereng bukit yang terbakar dan hutan dan lahan pertanian yang menjadi abu.

Di Bodrum, di provinsi Mula, 80 hektar (197 hektar) terbakar meskipun ada upaya pemadam kebakaran di daratan dan melalui udara. Kobaran api memutus dua hotel, memaksa evakuasi lebih dari 4.000 wisatawan dan staf oleh penjaga pantai menggunakan kapal penangkap ikan.

Kebakaran hutan umum terjadi di Turki selama musim panas, tetapi kobaran api selama dua hari terakhir sangat luar biasa.

Analisis satelit oleh Layanan Pemantauan Atmosfer Copernicus Uni Eropa menunjukkan intensitas panas kebakaran negara itu pada hari Kamis yang mencapai sekitar 20 gigawatt, empat kali lebih tinggi dari maksimum harian sebelumnya.

“Angka-angka itu berada di luar skala dibandingkan dengan 19 tahun terakhir,” kata Mark Parrington, seorang ilmuwan senior di Layanan Pemantauan Atmosfer Copernicus Uni Eropa.

Dia mengatakan asap dari kebakaran di dekat Antalya dan Mersin sekarang melayang ke Siprus.

Penduduk kota yang terkena dampak mengatakan kepada wartawan bahwa mereka belum pernah melihat yang seperti itu.

Ibrahim Aydn, seorang petani, mengatakan dia telah kehilangan semua ternaknya dan hampir terbunuh saat kebakaran.

“Semua yang saya miliki dibakar sampai ke tanah. Saya kehilangan domba dan hewan lainnya,” katanya kepada Daily Sabah. “Ini tidak normal. Ini seperti neraka.”

Di seluruh negeri, petugas pemadam kebakaran bertempur lebih dari 50 blazes. Puluhan dirawat di rumah sakit oleh asap. Ketika berita menyebar, #PrayForTurkey menjadi trending di Twitter dengan gambar-gambar kehancuran dan peta yang menunjukkan lokasi lebih dari dua lusin kebakaran di seluruh negeri.

Pemerintah di sana berspekulasi bahwa penyebabnya mungkin serangan pembakaran oleh gerakan separatis Kurdi PKK, tetapi tidak memberikan bukti. Beberapa laporan domestik menyebutkan tren iklim yang lebih luas yang meningkatkan bahaya kebakaran di Turki dan di tempat lain.

Para ilmuwan iklim telah lama memprediksi Mediterania akan terpukul keras oleh kenaikan suhu dan perubahan curah hujan, didorong oleh emisi manusia. Risiko kebakaran hutan di masa depan diproyeksikan meningkat di Eropa selatan, menurut laporan terakhir oleh Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim.

Ilmuwan iklim Turki Levent Kurnaz mengatakan bahwa cuaca yang belakangan cenderung kering dan panas memicu berkobarnya api serta sulitnya api dipadamkan.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com