bar-merah

Jangan cuma rebahan, berikut aktivitas fisik yang bisa dilakukan selama PPKM

Aktivitas fisik yang dapat dilakukan selama PPKM (Sumber: Pexels.com)

ZONAUTARA.com – Salah satu rekomendasi dalam menghadapi virus Covid-19 yang sering kita dengar adalah agar kita semua meningkatkan imunitas. Olahraga merupakan salah satu cara dalam meningkatkan imun tersebut.

Meski keberadaan gym dan tempat olahraga lainnya ditutup karena Pemberlakuan Pembatas Kegiatan Masyarakat (PPKM), olahraga tetap bisa dilakukan di rumah ketika melakukan karantina mandiri.

Tak bisa dihindari bahwa PPKM dapat menyebabkan stress, maka salah satu hal yang dapat menghindarkan diri dari stress adalah melakukan aktivitas fisik dan relaksasi. Beberapa gerakan fisik rekomendasi WHO ini dapat anda lakukan dengan mudah di rumah.

  • Plank

Pertama, buat Gerakan tengkurap. Tahan lengan dan bahu dengan siku yang menempel di tanah. Angkat pinggul setinggi kepala dan tahan selama 20-30 detik. jangan lupa untuk melakukan idtirahat selama 30-60 detik. Latihan ini bisa diulangi hingga lima kali. Dengan melakukan latihan plank, perut, lengan, dan kaki anda akan semakin kuat.

Back Up

Latihan ini digunakan untuk menguatkan otot-otot punggung, perut, dan lengan anda. Back-up dapat dilakukan dengan posisi tengkurap, dengan jari-jari yang menempel ke telinga.

Angkat badan bagian atas lalu turunkan, dengan posisi kaki yang masih menempel ke tanah. Lakukan aktivitas ini 10-15 menit, ulangi hingga lima kali. Jangan lupa beri jeda istirahat selama 30-60 detik.

Squat

Latihan squat agaknya sudah taka sing lagi untuk dilakukan. Latihan ini membutuhkan otot tubuh bagian bawah. Squat juga dapat mengencangkan otot paha serta melancarkan pencernaan anda.

Lakukan squad selama 10-15 menit lalu istirahat sekitar 30-60 detik. ulangi Latihan tersebut selama lima kali.

Squad dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh (Sumber: pixabay.com)

Chair Dips

Sesuai namanya, Latihan chair dips membutuhkan bantuan kursi dalam prosesnya. Pegang lengan kursi dengan tangan, tempatkan kaki sekitar setengah meter dari kursi.

Lalu tekuk lengan dan turunkan pinggul ke lantai dan luruskan lengan. Lakukan kegiatan ini selama 10-15 menit selama lima kali dalam sehari. Latihan ini dapat menguatkan otot trisep anda.

Duduk bermeditasi

Tidak sulit, anda cukup hanya duduk dengan nyaman di atas matras dengan kaki menyilang. Pastikan juga punggung anda dalam keadaan lurus. Jika sudah, tutup mata dan rilex-kan badan. Pelan-pelan Tarik napas dan keluarkan.

Fokuskan latihan ini pada pernapasan anda. Jangan sampai terdistraksi dengan hal lain. Lakukan hal ini selama 5-10 menit untuk menjernihkan pikiran.

Lakukan meditasi untuk menenangkan pikiran (Sumber: pexels.com)

Lakukan rekomendasi kegiatan di atas setiap hari. Seimbangkan kegiatan olahraga dan makan-makanan yang berigizi juga agar imunitas tetap terjaga.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com