ZONAUTARA.COM – Sesuai dengan data Worldometer, angka infeksi Covid-19 global saat ini mencapai sudah 200.197.883 orang di seluruh dunia, Rabu (4/8).

Adapun negara yang mencatat kasus infeksi tertinggi adalah Amerika dengan total kasus sebanyak 36.027.707 kasus. Kasus kematian juga terbilang sangat tinggi, sebanyak 630.457 jiwa.

Selanjutnya, India berada di posisi kedua, dengan total kasus sebanyak 31.767.965 kasus. Lalu diisi Brasil dengan total kasus sebanyak 19.985.817 kasus.

Kendati demikian, Brasil jauh di atas India soal kasus kematian. Brasil mencatat kasus kematian sebanyak 558.432 orang, sedangkan India 425.789 orang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kasus harian Covid melonjak hingga 80 persen dalam sebulan terakhir yang dipicu oleh penyebaran varian Delta.

Sejumlah negara, khususnya kawasan Asia Tenggara mengalami kenaikan signifikan.

Tak hanya kasus infeksi, angka kematian dunia juga naik sebesar 10 persen dibandingkan pekan lalu. Sementara, untuk periode 19 Juli-25 Juli, WHO mencatat jumlah kematian sebanyak 69 ribu atau naik 21 persen dibandingkan minggu sebelumnya.

WHO mengungkapkan virus corona varian delta merupakan peringatan kepada dunia untuk menekan laju infeksi virus dengan cepat sebelum bermutasi menjadi varian yang lebih ganas dan buruk.

Varian yang sangat menular yang pertama kali terdeteksi di India itu kini telah muncul di 132 negara dan wilayah.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan bahwa sampai saat ini sudah ada empat varian yang mengkhawatirkan dan akan lebih banyak lagi selama virus tersebut masih terus menyebar.

Tedros mengatakan bahwa rata-rata, infeksi meningkat 80 persen selama empat minggu terakhir di lima dari enam wilayah WHO.

Meskipun varian Delta telah mengguncang banyak negara, namun langkah-langkah yang terbukti untuk mengendalikan penularan masih berhasil, terutama menjaga jarak fisik, memakai masker, kebersihan tangan, dan menghindari waktu lama di dalam ruangan di tempat-tempat yang berventilasi buruk dan ramai. Juga vaksinasi.

WHO juga mengimbau setiap negara untuk sesegera mungkin melakukan vaksinasi warganya. WHO menargetkan 10 persen dari populasi setiap negara harus sudah divaksin pada September mendatang.




=======================
Visualisasi data dibawah ini merupakan sajian otomatis hasil kerjasama Zonautara.com dengan Katadata.co.id