bar-merah

Ranking kekuatan militer dunia: Indonesia lebih kuat dari Israel

Ilustrasi militer (Foto : Pexels / somchai kongkamsri)

ZONAUTARA.COM – Global Fire Power (GFP) merilis ranking kekuatan militer dunia bertajuk ‘2021 Military Strength Ranking’ berisikan daftar negara dengan posisi kekuatan militernya masing-masing.

Penilaian yang dilakukan di 140 negara ini ditampilkan menggunakan 50 faktor individu untuk menentukan PowerIndex suatu negara dengan beberapa kategori, dari kekuatan militer hingga logistik.

Kabar baiknya, rilis tersebut menempatkan Indonesia di posisi 16 besar di atas Australia, Arab Saudi hingga Israel.

Indonesia berada di peringkat 16 dengan PowerIndex sebesar 0,2684. Posisi pertama diduduki oleh Amerika Serikat dengan nilai 0,0718. Semakin kecil angka PowerIndex, maka semakin tinggi kekuatan militer suatu negara.

Posisi Indonesia ini kemudian disusul oleh Arab Saudi pada peringkat 17 dan Spanyol peringkat 18.

Lalu ada Australia yang berada pada peringkat 19 dan Israel yang berada pada peringkat 20.

Nilai PowerIndex itu menggambarkan Indonesia tercatat menempati peringkat ke-4 dunia dengan 267 juta jiwa. Sementara itu, total personel militer dicatat sebanyak 400 ribu personel.

Kekuatan cadangan senjata nuklir tidak dipertimbangkan, namun dugaan terhadap kepemilikan nuklir akan dihitung sebagai bonus.

Status suatu negara sebagai Dunia Pertama, Dunia Kedua, dan Dunia Ketiga menjadi faktor pertimbangan. Faktor geografis, fleksibilitas logistik, sumber daya alam, dan industri lokal berpengaruh terhadap ranking final.

Total sumber daya manusia menjadi pertimbangan kunci dalam pemeringkatan ini. Negara yang terkurung daratan (land-locked) tidak akan dihitung kekurangan angkatan laut. Kekuatan angkatan laut dihitung dari keragaman aset yang tersedia.

Keanggotaan NATO dihitung sebagai bonus. Stabilitas dan kesehatan finansial suatu negara tak ikut dipertimbangkan. Kepemimpinan militer saat ini tidak ikut dipertimbangkan juga.

Sedangkan alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dihitung dan diperbandingkan ialah total unit alutsista. Seperti misalnya kekuatan udara Indonesia dihitung dari 458 unit helikopter. Penilaian terhadap alutsista tidak didasarkan pada jenis alutsista atau tahun produksi alutsista tersebut. Jadi, penilaian ini berdasarkan kuantitas, bukan kualitas.

Indonesia memang diketahui menjadi langganan 20 besar ranking kekuatan militer dunia versi GFP. Bahkan Indonesia bukan kali ini saja berada di atas Israel.

Sebelumnya, Indonesia juga berada di atas Israel pada rilis Global Firepower bertajuk 2019 Strength Ranking (BETA), Indonesia di urutan 15, sedangkan Israel berada di urutan 16.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com