bar-merah

3 vitamin ini meningkatkan imunitas tubuh saat pandemi

Ilustrasi buah dan sayur (Sumber: pexels.com)

ZONAUTARA.com – Semakin menyebarnya virus Covid-19, harus diiringi dengan semakin ketatnya kita dalam menjalankan protokol kesehatan. Tak hanya itu, imunitas atau daya tahan tubuh juga haruslah dijaga agar tak mudah terjangkit virus Covid-19.

Imunitas sendiri merupakan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit yang menular. Dengan mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin, dapat memperkuat system kekebalan tubuh dalam menghadapi penyakit, salah satunya virus Covid-19.

Julia Zumpano, RD, LD, seorang ahli diet, merekomendasikan tiga jenis vitamin ini agar anda tetap sehat di tengah pandemic.

Vitamin E

Vitamin E berfungsi sebagai antioksidan di mana dapat memperlambat perusakan sel maupun inveksi, juga penangkal radikal bebas. Jika anda sedang hamil, disarankan pula untuk mengonsumsi vitamin E karena dapat memberi pengaruh positif pada perkembangan otak janin.

Vitamin E juga merupakan vitamin yang larut dalam lemak. Anda dapat menemukan vitamin E dalam minyak gandum, daging, minak sayur, dan lain-lain.

The American Heart Association memberi rekomendasi untuk mengonsumsi vitamin E agar mendapat antioksidan. Jenis makanan yang kaya akan vitamin ini di antaranya kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayur bayam.

Vitamin B6

Vitamin ini dibutuhkan di hampir 200 proses reaksi kimia dalam tubuh. Salah satunya adalah proses pengangkutan oksigen melalui aliran darah.

Vitamin ini juga membantu menjaga system saraf dan meningkatkan kekebalan tubuh di saat pandemi. Jika anda hamil, konsumsi vitamin B6 juga dapat meredakan rasa mual.

Stress dan bosan pasti anda alami ketika melakukan semua kegiatan di rumah saat pandemi. Vitamin B6 dapat membuat hormone serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati anda.

Anda dapat Vitamin B6 pada ayam dan beberapa jenis ikan seperti salmon dan tuna. Sayuran hijau juga mengandung Vitamin B6 seperti buncis. Hati sapi, daging sapi, telur, dada ayam, juga bisa anda konsumsi karena mengandung Vitamin B6.

Vitamin C

Kegunaan vitamin
Ilustrasi dari Pixabay.com

Anda pasti sering mendengar Vitamin yang satu ini bukan? Vitamin C merupakan salah satu penguat system kekebalan tubuh. Jika anda kekurangan vitamin ini, maka anda akan mudah sakit.

Makanan yang kaya akan vitamin C banyak kita temukan, seperti bayam, stroberi, jeruk, dan lain-lain. Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin C setiap harinya karena tubuh anda tidak memproduksi maupun mencadangkan vitamin ini.

Tak perlu khawatir karena vitamin C sendiri banyak ditemukan pada bahan makanan yang sering anda temui, jadi tak perlu mengonsumsi suplemen vitamin C jika tidak disarankan oleh dokter.

Jika anda tidak memahami sayuran mana yan g mengandung vitamin C, E, maupun B6, Zumpano menyarankan untuk makan segala jenis sayur dan buah-buahan yang berwarna-warni, “Seperti warna Pelangi,” ujarnya memberi perumpamaan.

Tak hanya kebutuhan vitamin, anda juga harus tetap menjaga imunitas dengan menjaga kesehatan secara fisik dan pola makian agar semuanya dapat seimbang.



Jika anda merasa konten ini bermanfaat, anda dapat berkontribusi melalui DONASI. Klik banner di bawah ini untuk menyalurkan donasi, agar kami dapat terus memproduksi konten yang bermanfaat



Share This Article
WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com